Textual description of firstImageUrl

SEO On Page SEO Blogspot

Last Update : Sunday, June 6, 2019 at 15:10

Ada banyak sekali pengaruh sebuah blog menduduki peringkat pertama pada hasil pencarian. Seperti dalam kelas peringkat pertama itu adalah siswa yang mendapat nilai tertinggi dari beberapa tes dan kelayakan. Metode tes dan kelayakan inilah yang dipergunakan mesin pencari dalam menentukan peringkat sebuah blog atau website. Untuk google misalnya melalui situs resminya terdapat sedikitnya 200 metode yang digunakan untuk menentukan peringkat situs.

Proses itu terjadi dalam proses indexing mesin pencari. Sebelum itu haruslah mengikuti proses sebelumnya yaitu proses submit, database, crawl, index dan proses serving query penelurusan mesin pencari. Baca → cara kerja mesin pencari khususnya google.

Setelah mengetahui proses mesin telusur memang terkadang hasil peringkat blog tidak sesuai dengan posisi pada hasil pencarian. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi peringkat blog pada hasil pencarian dengan kata kunci tertentu. Sebagai contoh salah satu pengaruhnya adalah lokasi, misalkan blog ini dicari dengan kata kunci 'belajar seo blogspot' dengan lokasi di Jakarta berada di peringkat ke-2, belum tentu blog ini berada di peringkat yang sama dengan kata kunci belajar seo blogspot saat blog ini di cari dengan kata kunci yang sama di lokasi Yogyakarta.

Alasannya yaitu google cenderung memprioritaskan hasil pencarian terdekat dengan lokasi pencarian tersebut. Misalkan kamu ingin mencari toko kue di yogyakarta, blog dengan toko kue di yogyakarta akan sering dimunculkan lebih atas, terdepan, atau pertama karena pengaruh lokasi pencarian ini (prioritas pencarian).

Ada banyak sekali faktor atau hal-hal yang dapat mempengaruhi peringkat situs atau blog. Dan hasil pencarian mesin pencari sering sekali berbeda dengan kenyataannya. Kamu bisa baca lebih lanjut tentang → faktor-faktor perbedaan hasil pencarian google

Seperti sudah dijelaskan di atas banyak sekali metode yang digunakan mesin pencari serta faktor-faktor yang mempengaruhi peringkat situs atau blog. Lalu apa saja yang dapat mempengaruhi blog agar tampil pada halaman pertama? Berikut ini kami kelompokkan dalam artikel SEO On Page apa saja yang dapat kita lakukan agar blog kita semakin SEO Friendly khusus untuk Blogger dari blogspot? Inilah Belajar SEO Blogspot era Google 101 (Cara Kerja Google Search). Sedangkan artikel Off Page SEO blogspot akan saya ulas pada halaman lain atau terpisah.


Sebelum membahas lebih dalam tentang seo, berikut penjelasan tentang seo on page menurut searchengineland. Sebuah situs ternama dan juga menjadi sebuah grub dari beberapa website ternama tentang SEO dan telah lama membahas teknik SEO juga melakukan seminar khususnya search engine friendly dan menjadi rujukan bagi para pelaku seo di seluruh dunia.

Pengertian On Page SEO adalah upaya blogger (pemilik blog) untuk meningkatkan peringkat situs berdasarkan optimasi mesin pencaripada semua sumber HTML yang ada di suatu halaman tersebut terutama HTML Blogger maupun saat posting artikel. Memaksimalkan sumber daya HTML blog adalah langkah pertama dan berkelanjutan untuk memberikan informasi sebanyak-banyaknya kepada mesin pencari.

Google misalnya, pada pusat bantuan blogger, website resmi halaman about, forum webmaster, akademi webmsater dan adsense kesemuanya memuat "Tell Google Find Your Blog" atau "Help people find your blog on search engine" dengan kata lain adalah bantu Google menemukan blog kamu atau Membantu orang-orang menemukan blog anda di mesin pencari adalah bukti bahwa mesin pencari itu butuh informasi tambahan guna memperoleh informasi sebanyak-banyaknya tentang blog kita. Untuk itulah peran On Page SEO khususnya blogspot ini sangat penting untuk dipelajari bagi semua orang yang sedang belajar seo blogger. Dan berikut ini adalah daftar SEO On Page Blogspot :

Daftar Optimasi SEO On Page Blogspot

1. Keywords

Berbicara optimasi SEO on page blogspot pada keywords pasti selalu ada yang berubah dengan trend penggunaan keywords atau kata kunci ini. Bahkan untuk mengulasnya tidak akan habis dijelaskan di sini. Namun saya mencoba memberikan secara garis besar mengenai seo on page pada keyword yaitu sebagai berikut :
→ Kata kunci pada url

Pengaruh nyata persamaan kata pada url dengan kata kunci berpengaruh pada hasil pencarian. Terdapat 2-3 kata yang sama pada kata kunci yang ditargetkan akan lebih baik untuk SEO atau setidaknya mempunyai unsur keterkaitan url dengan kata kunci.

→ Kata kunci pada header

Judul blog juga berpengaruh pada hasil pencarian karena setiap header terdapat h1 yaitu prioritas dari h2 dst.

→ Kata kunci pada meta deskripsi

Seperti kata kunci pada url meta deskripsi yang memuat kata kunci akan lebih seo friendly daripada deskripsi yang minim kata kunci

→ Kata kunci pada judul

Penggunaan kata kunci pada judul berperan penting pada hasil pencarian. Judul yang 'nyleneh' atau tidak relevan dengan artikel biasanya mendapat peringkat di bawah daripada judul yang sesuai artikel secara garis besar.

→ Kata kunci pada artikel

Penempatan kata kunci pada artikel haruslah bijak dan sesuai porsi dan sewajarnya senatural mungkin. Jangan mengulang kata kunci dengan banyak sekali kata yang sama.

→ Kata Kunci pada footer blog

Trend lama namun masih menjadi andalan para blogger yaitu menempatkan kata kunci pada footer blog

→ Kata kunci dengan sinonim

Penggunaan sinonim atau persamaan kata dapat membuat artikel lebih baik dan pada hasil pencarian. Trend seo ini mencuat pertengahan tahun 2018 ketika John Mueller berbicara penggunaan sinonim atau persamaan kata pada artikel sebagai pendamping SEO on page penggunaan kata kunci.


Trik optimasi SEO di atas dapat dilakukan pada meta tag dan dynamic heading untuk blogger. Sedangkan optimasi on page seo blogspot tersebut haruslah seimbang dan sejalan dengan SEO Off Page yaitu :
a. Keywords Sugestion
b. Keywords Competition
c. Related Keywords
d. Long Tail Keywords
e. Domain Authority
f. Page Authority

2. Panjang Konten

Panjang konten memang mempengaruhi kualitas artikel namun berapakah yang ideal? Dahulu sebelum update Google Panda sebuah metode algoritma yang dikembangkan google untuk mengetahui kualitas artikel, ada yang mengemukakan panjang artikel adalah kelipatan 5000 karakter atau huruf. Panjang artikel ini didasarkan pada google translate menterjemahkan artikel. Tentu anggapan ini dapat diterima karena dengan sekali klik saja dapat diketahui terjemahan seluruh artikel. Namun beda lagi untuk update terbaru tahun 2018 ini pasti ada perubahan pastinya. Jadi jangan memikirkan panjang pendek artikel hanya berdasarkan jumlah karakter atau huruf, paragraf, alinea ataupun persentase kata kunci. Karena hal tersebut tidak berlaku lagi untuk jaman 2018 ini.

3. Duplikat Konten

Artikel ganda atau duplikat konten memang sudah menjadi musuh ke-2 Google setelah spam. Bahkan menurut John Mueller seorang webmaster trend analis Google pada tahun 2018 ini berbicara untuk mengatasi dupikat konten ini yaitu dengan menerapkan berbagai algoritma untuk memerangi artikel ganda tersebut. Penggunaan media gambar, artikel kutipan/quote, sumber opini atau anjuran dari sumber lain sebaiknya kita ambil dengan bijak. Dengan kata lain adalah menggunakan sumber referensi tidak melebihi 10% dari porsi artikel atau konten blog kita.

4. Canonical Tag

Tag kanonis atau canonical tag adalah sebuah kode meta tag digunakan sebagai alternatif lain seperti pada penggunaan bahasa. Apabila penggunaan bahasa web tidak sesuai dengan setting bahasanya maka akan dialihkan dengan alternatif bahasa lainnya misalkan bahasa indonesia dengan bahasa inggris. Baca panduan penggunaan rel tag pada blogspot.

5. Image Optimization

Sudah menjadi trend lama tentang SEO image ini dan menjadi kewajiban seorang penulis di blogspot atau blogger mengoptimalkan penggunaan media gambar. Yaitu dengan menambahkan tag alt dan tag title pada html gambar. Lihat → cara Optimasi SEO On Page pada gambar blog

6. Conten Update

Perbarui artikel secara berkala karena konten terbaru dan kekinian adalah konten yang berkembang dan lebih dicintai google, namun lain halnya dengan artikel membahas tentang sejarah yang hingga kapan pun isi artikelnya tidak akan berubah. Dari penjelasan google tersebut dapat kita artikan bahwa artikel yang diperbarui, terbaru dan kekinian akan lebih disukai google dari pada artikel lama tanpa disentuh sedikitpun. Coba saja bandingkan kata kunci sejarah dengan kata kunci terbaru mana yang lebih banyak?

7. Outbond Link

Tautan yang mengarah ke sumber lain atau external link membuat artikel lebih berkualitas karena memasukkan sumber yang dirasa penting, terpercaya, referensi dan dapat dipertanggungjawabkan. Kita bisa ambil contoh artikel-artikel di Wikipedia. Outbond link yang memiliki kualitas untuk seo on page yaitu penambahan tag nofollow pada setiap linknya.

8. Internal Link

Pengertiannya yaitu link hanya menuju ke halaman yang ada di dalam blog. Biasanya mengaitkan artikel lama yang sudah terdahulu dipublikasikan ataupun menunjukkan halaman di halaman statis. Untuk segi SEO On page link label tidak SEO friendly karena tidak menimbulkan backlink. Internal link juga untuk menunjukkan halaman link home dan pada akhirnya terdapat link juice. Apa itu link juice baca sampai bawah ya!

9. Sitemap

Protokol sitemap blogger khusus webmaster tool yaitu XML sitemap meskipun webmaster tools seperti google mendukung feed atom 1.0 maupun feed RSS 2.0 serta custom feed. Pengiriman sitemap pada blog dapat memberitahu robots alat perayap mesin pencari untuk menelusuri isi artikel blog beserta pembaruannya. Trik mengirim sitemap blogspot khusus webmaster tools, lihat → sitemap blog di webmaster tools

10. Location

Seperti sudah dijelaskan dalam prolog artikel di atas bahwa lokasi pencarian juga berpengaruh pada hasil pencarian. Penambahan tag lokasi juga penting untuk mendeskrepsikian lokasi blog. Location tag ini berkaitan dengan hasil pencarian berdasarkan lokasi pencarian dan dapat berpengaruh pada hasil keterlihatan di hasil SERP.

11. Language Preference

Alternatif bahasa juga berperan penting pada seo on page blogspot, dan penerapannya menggunakan meta tag. Jika blog kamu berbahasa inggris berilah arahan mesin pencari untuk dirayapi dalam bahasa inggris. Dan sebaliknya jika menggunakan bahasa Indonesia berilah meta tag bahasa Indonesia

12. Mobile Optimization

Mobile optimization adalah optimasi template blog agar dapat dilihat pada semua perangkat dengan baik. Mobile optimization kaitannya dengan design responsive dan mobile view. Keduanya mempunyai arti yang sama agar dapat dilihat sempurna pada semua perangkat namun berbeda tujuannya yaitu :
a. Mobile View Optimization adalah mengutamakan design mobile friendly yaitu khusus mobile saja
b. Sedangkan design responsive dengan menerapkan media query agar mampu bekerja pada semua perangkat (real responsive). Seo on page ini ditujukan pada Web Light Result yaitu penampilan hasil penelusuran google jika menggunakan koneksi atau perangkat yang lambat. Lihat web light result blog ini
https://googleweblight.com/i?u=https://sejutatrik.blogspot.com

13. Blogger Speed Load

Banyak cara untuk mengurangi beban muat halaman untuk meningkatkan kecepatan blogger. Setiap blog mempunyai struktur HTML, Javascript, Jquery, CSS, dan segala pernak-perniknya sesuai theme masing-masing. Untuk kecepatan muat halaman tidak ditentukan seberapa cepat namun cobalah membuat blog secepat mungkin untuk dapat dimuat agar tidak terjadi delay konten atau penundaan pemuatan halaman terutama pada artikel utama. Blog dengan template SEO Friendly biasanya waktu muat halaman yang cepat dan tidak banyak pernak-pernik yang dirasa kurang bermanfaat untuk pembaca. Kita bisa ukur kecepatan loading blog dengan tools PageSpeed Insights dari google dan page speed and yslow dari gtmatrix.

14. Struktur Mikroformats

HTML Blogger haruslah memiliki struktur data yaitu dapat menambahkan struktur html serta dapat berupa Microformats, JSON dan RDF. Untuk blogger dapat ditambahkan melalui template dan bisa juga diatur dalam Google Webmaster Tools melalui menu Penyorot Data. Struktur html ini nantinya digunakan untuk memberi penanda artikel pada mesin pencari sesuai spesifikasinya. Dari keseluruhan artikel tentang Struktur microformats ini, kami sudah memposting tutorial yaitu "Memasang Microformat di daftar link" khusus untuk bagian link list agar lebih SEO.

15. Blog Spam

Adalah blog yang tidak sesuai dengan judul, tak ada isi, berisi banyak link namun miskin konten. Berbagai sebab dari sebuah blog dianggap blog spam. Secara resmi google pun tidak menjelaskan secara rinci dan detail tentang blog yang masuk kategori blog spam. Kita hanya bisa menanggulangi yaitu dengan merawat blog seperti memberi makan ayam setiap harinya. Periksa apakah ada komentar berisi link, kemudian apakah blog lain yang meninggalkan email juga mengirim spam, kamu bisa melihat informasi dan melaporkannya ke google tentang blog dengan ciri-ciri atau kriteria tersebut. Lihat → spam di blogger.

16. Multimedia

Penambahan multimedia lain dapat membantu artikel mendeskripsikan judul artikel dengan baik. Kamu bisa menambahkan video dari youtube, musik, gambar animasi (gif), dan juga menambahkan multimedia lain asalkan bukan berbentuk iframe ataupun flash.

17. Sosial Media Tag

Sosial media tag yang paling populer yaitu dengan markup schema.org, open graph, twitter chard, RDF, Json-LD dan mikroformats

18. Sosial Media Author Tag

19. Sosial Media Shared

Widget sosial media berupa sharing widget di blogger menjadikan widget ini wajib terinstal di template blogspot. Pentingnya custom share juga berpengaruh pada klik share pengunjung untuk artikel kita. Jika di blog anda belum terpasang widget ini, segera pasang, lihat artikel saya tentang responsive share widget blogspot

20. User Setting Blogger

21. Link Juice

22. HTTPS Secure

Pengaturan ini dapat diatur pada menu bloggspot agar menampilkan http:// atau https://. Pengaturan enkripsi ini adalah perubahan google blogspot agar url dapat terlindungi dengan enkripsi dan menjadi lebih aman dari spam. Lihat pengaturannya di sini

23. Robots.txt

Baca Trik setting custom robots.txt blogspot

24.Custom Robot Header Tag

Custom robot header tag atau lebih dikenal sebagai pengaturan tag tajuk robot blog memungkinkan HTTP lebih terstruktur, juga untuk tingkat baca mesin pencari. Fitur ini menentukan kesempurnaan blogspot anda. Untuk itu baca pengaturan seo on page pada custom robot header tag

25. Meta Tag

Baca Blogger Meta Tag untuk pengaturan meta tag.
SEO On Page
Itulah SEO on Page SEO Blogspot agar halaman blog semakin seo friendly. Dari sekian banyak trik mengenai belajar seo blogspot di atas tentu masih banyak yang perlu saya tulis di sini. Namun sebelum itu, adakah SEO On page blog kamu yang belum dilakukan? Ataukah teman-teman melakukan SEO yang belum ada di artikel ini? Mari saling berbagi untuk meningkatkan kualitas SEO blogspot kita. Artikel ini akan selalu kami tampilkan dan selalu saya update pada halaman seo blogger pada blog page menu di atas.

Dari trik SEO On Page saja sudah menghasilkan artikel sebanyak ini, nah bagi teman-teman yang ingin belajar seo bisa melihat halaman "belajar seo blogspot" lengkap blog ini.

30 comments:

  1. Un aperçu de tous les documentaires Netflix.

    ReplyDelete
  2. I read your other article as well on search engine ranking both are jus awesome.
    if anyone want to learn SEO visit SEO course Rohini.

    ReplyDelete
  3. thanks ask your information ,i am wait the next your artickle

    ReplyDelete
  4. Widget Arsip Blog Tidak Masuk Gan?
    Klau saya paling suka gadget arsip blog setelah itu baru entri populer gan.
    salam kenal dari blogger kampung hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Widget arsip tdk seo friendly gan. Saya mending malah menghapusnya.

      Delete
  5. Terimaksih om ilmunya semoga jalan triknya untuk insinyugoblog.com

    ReplyDelete
  6. alhamdulillah, terima kasih untuk tipsnya gan

    ReplyDelete
  7. Schema Creator
    Schemas provide users with an enhanced experience where they are presented with specific details about a particular company or organization on search engine results pages (SERPs). With this tool, you can customize how your results, including your reviews, operating hours, events, etc., will appear on Google and other search engines.
    You can also integrate the schema code easily – it’s as simple as copying and pasting. The tool also has a free WordPress plugin version.
    If you like this tool, there’s also a Scheme app which you can try for free for 14 days. There are multiple price structures depending on your current needs / business size.

    ReplyDelete
  8. blogmu sangat bagus, nice artikel

    ReplyDelete
  9. Schema Creator
    Schemas provide users with an enhanced experience where they are presented with specific details about a particular company or organization on search engine results pages (SERPs). With this tool, you can customize how your results, including your reviews, operating hours, events, etc., will appear on Google and other search engines.
    You can also integrate the schema code easily – it’s as simple as copying and pasting. The tool also has a free WordPress plugin version.
    If you like this tool, there’s also a Scheme app which you can try for free for 14 days. There are multiple price structures depending on your current needs / business size.

    ReplyDelete
  10. Wow, ternyata banyak juga yah tips SEO untuk Blogger. Bisa jadi senjata baru nih biar rankingnya lebih wuzzzzz...... Terima kasih infonya yah!

    ReplyDelete
  11. We are a creative team that provide digital solution, who help you in developing your online business and make it successful.
    increase your business strength online, Website design and digital marketing.
    Our Experts are ready to boost your business and generate traffic and reach your business to the
    next level. We develop your business
    https://www.axpltd.com/

    ReplyDelete
  12. Thanks for sharing information with us. I hope you will share some more
    information about keep sharing
    Seo Training in Lahore

    ReplyDelete
  13. Sangat lengkap aetikelnya kang.. sya bermain blog hanya hobi aja.. aslinya sya gak ngerti optimasi lengkapnya :) makasih moga bermanfaat

    ReplyDelete
  14. Sangat lengkap aetikelnya kang.. sya bermain blog hanya hobi aja.. aslinya sya gak ngerti optimasi lengkapnya :) makasih moga bermanfaat

    ReplyDelete
  15. Hey Nice Blog!!! Thank you for sharing information. Wonderful blog & good post.Its really helpful for me, waiting for a more new post. Keep Blogging!

    Seo Companies in Lucknow
    Top Seo Company in Lucknow | Websofy

    ReplyDelete
  16. Really outstanding article. Keep it up. Thanks. Have a look at this Great CarGame

    ReplyDelete
  17. This is Very very nice article. Everyone should read. Thanks for sharing. Don't miss WORLD'S BEST Wall Coverings In Mumbai

    ReplyDelete
  18. Udah punya Asuransi belum? Pasti belum, iya kan. Yuk baca artikel berikut Asuransi Kendaraan MSIG, Berkendara Tanpa Cemas kali aja setelah baca artikel berikut langsung kepincut beli asuransi. Asuransi itu penting loh.

    ReplyDelete
  19. This is Very very nice article. Everyone should read. Thanks for sharing. Don't miss WORLD'S BEST Offroad Jeep Racing Games

    ReplyDelete
  20. This is Very very nice article. Everyone should read. Thanks for sharing. Don't miss WORLD'S BEST BestGamingWebsite

    ReplyDelete
  21. AnonymousJune 02, 2019

    Very rapidly this web site will be famous amid all blogging visitors, due to it's fastidious
    content

    ReplyDelete
  22. AnonymousJune 03, 2019

    Hello! Do you know if they make any plugins
    to help with SEO? I'm trying to get my blog to rank for some targeted keywords
    but I'm not seeing very good gains. If you know of
    any please share. Cheers!

    ReplyDelete
  23. AnonymousJune 04, 2019

    I was able to find good information from your content.

    ReplyDelete
  24. AnonymousJune 04, 2019

    Oh my goodness! Incredible article dude! Thanks,
    However I am experiencing difficulties with your RSS.
    I don't know the reason why I cannot subscribe to it.
    Is there anybody having identical RSS issues?
    Anyone who knows the solution can you kindly respond?
    Thanx!!

    ReplyDelete
  25. Prediksi Bola
    Membahas semua tentang ayam : https://pemainayam.net/ << Klik untuk tambah wawasan kamu !

    ReplyDelete
  26. Baca Juga Gan, Ini Bermanfaat Lho, 5 Keyword Termahal di Dunia, Harga CPC 1-7 Juta Rupiah!, Semoga bermanfaat ya untuk semuanya.

    ReplyDelete
  27. i usually use some tools from https://tools.eggmarketingblog.com/ to do SEO process

    ReplyDelete
  28. Trik seo dengan gambar chek blog
    https://sinyalalam.blogspot.com/2019/07/top-rekomendasi-kompres-gambar-secara.html

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai artikel. Setiap komentar adalah tanggung jawab anda. Komentar spam akan dihapus, baik secara otomatis dengan javascript ataupun manual. Saya sudah menyediakan nama/url jadi link aktif di komentar tidak perlu lagi disertakan. Jadilah blogger Indonesia yang bijak. Anda berkomentar saya berkunjung!