Textual description of firstImageUrl

Cara Setting Robot Meta Tag Tajuk Khusus Blogspot

Robot Header Tag Khusus

Pengaturan meta tag robot dan header HTTP X-Robots-Tag yang aman sesuai kebijakan mesin pencari merupakan langkah dasar dalam optimasi seo on page blogspot. Dengan adanya pengaturan tersebut blog akan mempengaruhi tingkat baca mesin pencari terhadap blog kita. Seperti cara kerja mesin pencari pada saat crawling atau proses pencarian url blog, jenis pengaturan pada tag tajuk khusus inilah yang menentukan sebuah URL di dalam blog adalah valid.

Sebelum melakukan pengaturan robot meta tag pada header http ini, bacalah dengan teliti agar kesalahan yang umum terjadi pada blog tidak terjadi pada blog kita. Pengaturan robot header tag yang salah akan mengakibatkan blog hilang pada hasil pencarian. Lakukan secara bertahap dan sejalan dengan HTML template anda.

Dahulu sebelum adanya fitur tag tajuk robot khusus blogspot, setting robot meta tag melalui penggunaan HTML meta tag. Seperti penggunaan meta tag deskripsi blog. Kode tag robot x-header yaitu : <meta name="robots" content="index/follow" />. Namun dengan adanya fitur blogger, meta tag tersebut apabila tidak disertakan secara manual sudah bekerja secara otomatis. Akan tetapi perlu saya tekankan bahwa :
Penggunaan meta tag yang TIDAK sama dengan pengaturan pada fitur blogger akan membuat pengaturan ganda pada blog kita. Untuk itu apabila meta tag robot ikut disertakan dengan HTML secara manual, setting atau pengaturan tag robot header pada fitur pengaturan blogspot tentang robot meta tag haruslah sama. Periksa dan cocokkan meta tag blog anda dengan pengaturan ini.

Pengertian Tag Tajuk Robot Khusus

Tag meta robot memungkinkan Anda menggunakan pendekatan khusus halaman yang terperinci untuk mengontrol cara tiap halaman diindeks dan ditampilkan kepada pengguna dalam hasil penelusuran. Tempatkan tag meta robot di bagian pada halaman tertentu. Jika anda melakukan pengetesan Meta Tag Analyzer, tag robot header akan tampak seperti gambar berikut :
Robot Meta Tag Analyzer

Point Penting Pengaturan pada Fitur Tag Tajuk Khusus

1. Jenis Halaman
Terdapat 4 jenis halaman yang berpengaruh pada pengaturan ini yaitu (a) Halaman beranda, (b) Halaman Arsip, (c) Halaman Penelusuran, dan (d) Halaman pada Posting Default. Contoh berbagai halaman blogspot adalah sebagai berikut :
Beranda → http://sejutatrik.blogspot.com/
Arsip → https://sejutatrik.blogspot.com/2019_03_01_archive.html
Penelusuran → https://sejutatrik.blogspot.com/search?q=SEO&submit=Search
Posting → https://sejutatrik.blogspot.com/2011/09/seo-ala-sejuta-trik-blogger.html

2. Jenis Pengaturan
Terdiri dari 10 pilihan yang memuat fungsi dari pengaturan tersebut. Beberapa pengaturan itu menuju pada perintah header tag dan biasanya digunakan untuk fungsi tertentu. Kesepuluh fungsi itu adalah all (semua), noindex(tidak diindex), nofollow (tidak diikutsertakan), noarchive(tidak melakukan arsip), nosnippet (tidak mencantumkan cuplikan), noodp or no Open Directory Object(tidak mencantumkan deskripsi blog dari berbagai sumber seperti yahoo dll), notranslate(tidak boleh diterjemahkan), noimageindex(tidak boleh index gambar), dan unavailable_after(pengaturan jangka waktu pengindeksan).
3. Fungsi Pengaturan
All : Jika kita melakukan isian pada fungsi all, maka kesemua perintah dari 9 jenis pengaturan akan bekerja secara otomatis.
Noindex : Anda dapat melakukan pembatasan pada halaman pencarian jika tidak ingin halaman tersebut diikutsertakan dalam hasil pencarian mesin pencari, dengan cara memberi check list pada fungsi ini.
Nofollow : Jangan keliru rel='nofollow' pada fungsi ini. Fungsi ini tidak mengikutsertakan halaman terkait, tetapi masih ditampilkan pada mesin pencari.
Noarchive : Digunakan untuk melakukan batasan pada URL arsip blog kita.
Nosnippet : Tidak mengikutsertakan cuplikan, ringkasan atau deskripsi, biasanya pada halaman dengan deskripsi tidak sesuai antara judul dengan kontennya sepeti halaman privasi dan yang lainnya.
Noodp : Kependekan dari No Open Directory Project, jika blog anda terdaftar pada website directory, maka akan mencegah pengambilan deskripsi blog dari situs-situs directory seperti moz, yahoo, dan lain-lain.
Notranslate : Melakukan fungsi untuk tidak menterjemahkan isi blog
Noimageindex : Sudah jelas saya sebutkan di atas
dan yang terakhir adalah No unavailable_after : Yaitu membatasi keterlihatan atau jangka waktu postingan blog.

Cara Setting Melalui Fitur Blogger

Mengatur robot header sangat mudah, cukup ikuti panduan settingnya seperti gambar berikut ini :
Preferensi Penelusuran
Letak pengaturan tag tajuk khusus blogspot ini berada di bawah setting robot.txt blogger.

Cara Setting Melalui Posting Artikel

Selain digunakan secara keseluruhan, anda dapat melakukan pengaturan pada single post atau artikel tertentu saja. Ikuti caranya pada artikel setting robot header tag blogspot by blogerorigin.

Tools Pengecekan HTTP Header Status

Rapid Tables SEO Centro

Sumber Referensi Robot Meta Tag

https://developers.google.com/search/reference/robots_meta_tag?hl=in

1 comment:

  1. gan mau tanya nih ktika saya deindex sitemap di google console kenapa error ya.?
    ini error nya No: 'noindex' detected in 'X-Robots-Tag' http header..

    makasih info nya gan sangat bermanfaat..
    jangan lupa berkunjung ke blog saya gan https://ibankproduction.blogspot.com

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai artikel. Setiap komentar adalah tanggung jawab anda. Komentar spam akan dihapus, baik secara otomatis dengan javascript ataupun manual. Saya sudah menyediakan nama/url jadi link aktif di komentar tidak perlu lagi disertakan. Jadilah blogger Indonesia yang bijak. Anda berkomentar saya berkunjung!