Textual description of firstImageUrl

Responsive Share Button Blogspot SEO Friendly

responsive share button

Membuat share widget blog bertujuan untuk meningkatkan SEO blog serta jumlah kunjungan blogspot. Dengan adanya gadget sharing button diharapkan dapat menarik pengunjung baru melihat artikel yang dibagikan sebelumnya. Jika anda ingin menambah widget responsive share button blogspot yang seo friendly saya ada tipsnya. Namun sebelum saya berikan trik cara membuatnya, penting untuk saya ulas tentang desain responsive agar dapat dibuka di semua gadget.

Design responsive adalah teknik penggunaan css @media-query untuk memisah antara tampilan blog dibuka melalui smartphone, tablet, ipad, dan juga dekstop. Jadi widget share button blogspot ini lebih SEO Friendly daripada widget terkait biasa atau belum responsive. Untuk lebih jelasnya tentang design responsive, lihat artikel tentang design responsive serta SEO didalamnya.


Kembali ke topik kali ini tentang membuat responsive share button blogspot yang SEO Friendly. Saat pertama saya mulai merombak blog setelah sekian lama saya tinggalkan, saya kesulitan mencari artikel terbaru tentang widget share button ini. Setelah mencari dan melakukan percobaan, saya menemukan beberapa permasalahan. Kode yang dipasang tidak sesuai harapan seperti widget tidak tampil, kode usang, dan lain-lain. Belum lagi menghadapi rencana Google+ akan segera ditutup tentu hal yang berkaitan dengan situs tersebut mulai dinonaktifkan. Pemberitahuan mengenai counter atau jumlah share tidak ditampilkan lagi.


Mengenai widget responsive share button blogspot seo friendly saya memilih membuatnya dengan lebih simpel dan sudah banyak beredar dan dipakai blog-blog ternama. Lihatlah screenshoot di bawah untuk hasil dari widget ini! Bagaimana? Anda suka? mari langsung saja ke cara membuatnya. Cobalah di blog anda dan anda akan merasakan perbedaan setelah menggunakan widget ini.
CSS
/* Tombol Share */
.share-judule {display: inline-block;margin: 0;color: #afafaf;text-transform: uppercase;
font-size: 16px;background: #fff;z-index: 1;position: relative;padding: 0 10px;font-weight: 500;}
#share-container {margin: 20px auto;overflow: hidden;}
#share {margin:0 0 8px;padding:0;overflow:hidden}
#share p {display: block;padding: 5px 8px !important;margin: 0 3px 3px 0;font-weight: 700;
text-align: center;text-transform: uppercase;}
#share a {width: 25%;height: 40px;display: block;font-size: 24px;color: #fff;
transition: opacity 0.15s linear;float: left;text-align: center;}
#share a:hover{top:1px;left:1px;box-shadow:0 0 3px rgba(1,1,1,.1)}
.wa-button{color:#fff;margin:0 auto;padding:0;font-size:14px;font-weight:700}
.wa-button a{color:#222;margin:0 auto;padding:10px 8px;background:#222}
.wa-button i{font-weight:400;margin:0 10px 0 0}
.label-line {text-align: center;margin-bottom: 6px;position:relative;}
.label-line:before {z-index: 1;content: "";width: 100%;height: 2px;background: #efefef;position: absolute;
top: 50%;left: 0;margin-top: -2px;}
HTML
<div id='share-container'>
<div class='label-line'>
<p class='share-judule'>Bagikan Artikel ini</p>
</div>
<div id='share'>
<a expr:href='&quot;http://www.facebook.com/sharer.php?u=&quot; + data:blog.url' onclick='window.open(this.href,&quot;popupwindow&quot;,&quot;status=0,height=500,width=500,resizable=0,top=50,left=100&quot;);return false;' rel='nofollow' style='background:#3b5998;' target='_blank' title='Facebook'><i class='fa fa-facebook'></i></a><a expr:href='&quot;https://plus.google.com/share?url=&quot; + data:blog.url' onclick='window.open(this.href,&quot;popupwindow&quot;,&quot;status=0,height=500,width=500,resizable=0,top=50,left=100&quot;);return false;' rel='nofollow' style='background:#c0361a;' target='_blank' title='Google+'><i class='fa fa-google-plus'></i></a><a expr:href='&quot;https://twitter.com/intent/tweet?url=&quot; + data:blog.url + &quot;&amp;text=&quot; + data:post.title + &quot;&amp;lang=id&quot;' onclick='window.open(this.href,&quot;popupwindow&quot;,&quot;status=0,height=500,width=500,resizable=0,top=50,left=100&quot;);return false;' rel='nofollow' style='background:#4099ff;' target='_blank' title='Twitter'><i class='fa fa-twitter'></i></a>
<a data-action='share/whatsapp/share' style='background:#43d854' expr:href='&quot;whatsapp://send?text=&quot; + data:post.title + &quot;%20%2D%20&quot; + data:post.url'><i aria-hidden='true' class='fa fa-whatsapp'></i></a>
</div>
</div>
Font Awesome
<link href='//netdna.bootstrapcdn.com/font-awesome/4.7.0/css/font-awesome.css' rel='stylesheet'/>
responsive share widget blogspot

1. Pada keadaan Edit Template, pasang CSS di atas ]]></b:skin>

2. Cari <data:post.body/> jangan salah karena terdapat 2 hingga 3 kode ini!

3. Letakkan kode HTML tepat pada kode di bawah artikel atau cari kode <data:post.body/> Kode yang berisi "tag item" atau postingan.

<div class='post-body entry-content' expr:id='&quot;post-body-&quot; + data:post.id'>

<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;'>
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
<div expr:id='&quot;summary&quot; + data:post.id'><data:post.body/></div>
<script type='text/javascript'>createSummaryAndThumb(&quot;summary<data:post.id/>&quot;,&quot;<data:post.url/>&quot;);</script>
</b:if>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><data:post.body/>Taruh HTML di Sini</b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'><data:post.body/></b:if>


4. Jika di blog anda belum ada kode font awesome, letakkan kode Font Awesome di atas </head>

5. Setelah menerapkan 3 langkah mudah tersebut, simpan perubahan template anda! dan lihat pada halaman artikel.

Referensi
Setelah anda menambahkan atau melakukan perubahan tersebut, kode akan tampil seperti screenshoot dibawah. Atau untuk design yang lain anda bisa kunjungi artikel dengan alamat berikut. https://penaindigo.com/cara-memasang-tombol-share-keren-di-blogspot/

Kode di atas sangat seo friendly, karena widget share button berkaitan dengan penggunaan link external atau link mengarah keluar dan penambahan rel='nofollow' tepat sekali. Apa itu rel nofollow? Anda bisa melihat ulasan tentang penggunaan rel tag blogspot tersebut! Akhir kata happy blogging!

2 comments:

  1. Mantappp bg, makasih banyak ya :)

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah work di blog saya.
    Makasih banyaaak admiiin.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai artikel. Setiap komentar adalah tanggung jawab anda. Komentar spam akan dihapus, baik secara otomatis dengan javascript ataupun manual. Saya sudah menyediakan nama/url jadi link aktif di komentar tidak perlu lagi disertakan. Jadilah blogger Indonesia yang bijak. Anda berkomentar saya berkunjung!