Textual description of firstImageUrl

Menyembunyikan Kotak Komentar 2

Menyembunyikan kotak komentar 2 adalah menyembunyikan form isian yang biasanya ada di bawah kotak posting. Menyembunyikan kotak komentar 2 ini berfungsi untuk mengganti dengan kotak komentar yang lebih menarik.

Menyembunyikan kotak komentar 2 ini adalah kelanjutan dari posting Menyembunyikan kotak komentar pada posting tertentu. Cara ini berbeda fungsi dengan posting saya yang terdahulu. Tujuan dari menyembunyikan kotak komentar ini adalah :
1.  Menyembunyikan kotak isian untuk berkomentar (comment form)
2. Walaupun kotak komentar disembunyikan tetapi masih menampilkan komentar pengunjung.
3.  Merapikan halaman posting dari form komentar itu sendiri. Sebagai contoh blog saya ini.

Untuk lebih jelasnya tentang menyembunyikan kotak komentar 2 ini, lihat gambar di bawah ini
kotak komentar

OK, langsung saja kita praktek.
Cara 1 

Cari kode berikut ini  dan hapus
<p class='comment-footer'>

        <b:if cond='data:post.embedCommentForm'>
          <b:if cond='data:post.allowNewComments'>
            <b:include data='post' name='comment-form'/>
          <b:else/>
            <data:post.noNewCommentsText/>
          </b:if>
        <b:else/>
          <b:if cond='data:post.allowComments'>
            <a expr:href='data:post.addCommentUrl' expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'><data:postCommentMsg/></a>
          </b:if>
        </b:if>
   
 </p>

Cara 2 
Kita hanya menambah CSS kedalam blog kita. Seperti yang kita tahu bahwa CSS untuk kotak komentar adalah #comment-form atau .comment form { silakan disesuaikan. 
Cari kode CSS komentar blog dan pastekan kode berikut :

#comment-form {
display:none;
}

atau

.comment-form {
display:none;
}

Jika anda bingung, pastekan saja di atas ]]></b:skin>

Untuk cara no.1 memang kotak komentar sudah tersembunyi, tetapi untuk kelanjutannya, pengunjung tidak akan bisa berkomentar lagi. Saya menyembunyikan kotak komentar ini untuk memasang lightbox pada kotak komentar di blog ini. So, tentukan pilihan sahabat untuk tujuan apa kalian menyembunyikan kotak komentar tersebut!

Image by : Informasibisnis.net
Happy Blogging! by. Sejuta Trik Blogger
Textual description of firstImageUrl

Add Url Blog ke Google Webmaster Tools Terbaru

Last Update : March 3, 2019
Add URL Blog ke Google
Cara Submit Url Blog ke Google ini saya maksudkan untuk memperbaharui Info blog berbaru tentang cara mendaftarkan blog ke mesin pencari seperti Google. Untuk mendaftarkan blog kita ke Google dulunya beralamat pada url di bawah ini :
Sudah dihapus → https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url/
Dengan adanya pembaharuan Google dalam mendaftarkan url blog ke google di atas sudah tidak bisa lagi. Saat artikel ini dibuat dahulu alamat di atas didapati broken link. Namun URL dengan alamat di atas masih bisa dibuka dan didapati pemberitahuan agar pengiriman url blog bisa langsung melalui webmaster tools.

Untuk memperbaharui alamat add url blog ke google lama tersebut di atas, Google membuka alamat baru yang bersifat sementara. Di alamat baru ini kita bisa mendaftarkan ulang blog kita atau mendaftar blog baru kita di alamat berikut :
http://www.google.com/submityourcontent/ (Juga sudah dihapus)
Bagi yang belum tahu, silakan coba buka alamat di atas, dahulu alamat tersebut untuk mendaftarkan blog ke mesin pencari, namun karena sudah ditutup juga, pengalihan halaman menuju artikel memunculkan konten anda di Google.

Sekian saja posting singkat tentang info blog mendaftarkan alamat url blog ke google. Semoga alamat Submit url Blog ke Google terbaru ini bisa lebih menguntungkan penggunanya. Ya ga? Selain cara kirim url blog di atas, anda juga bisa mendaftarkan blog ke google webmaster tools.
UPDATE!
Mulai sekarang sudah ada link baru beralamat di bawah ini :


Seperti itulah update cara submit url blog ke google yang baru agar blog kita dapat di index google. Setelah mendaftarkan blog ke Google (terbaru) tersebut, silakan melalukan ping ke daftar ping service terbaik. Semoga makin maknyus. :D
Textual description of firstImageUrl

Memasang Rich Snippets di Blogger

Update 28 November 2018 Markup Pengarang/Author tidak lagi didukung dalam SERP Google, itu artinya pada hasil penuelusuran pengarang atau author kini tidak ditampilkan lagi Lihat halaman pemberitahuan resmi google. Sebagai pengganti markup rich snippet terbaru ada dalam artikel di bawah ini.
Hasil Rich Snippet Google
Apa itu Rich Snippet? Rich Snippget adalah fitur google pada hasil SERP (Search Engine Result Page) atau hasil pencarian google yang diperkaya dengan beberapa kategori khusus sesuai tag informasi di dalamnya. Lihat penjelasan resmi google tentang fitur penelusuran google. Dari fitur ini dikenal dengan nama Rich Snippet atau cuplikan hasil penelusuran yang diperkaya. Terdapat 21 jenis halaman yang diterima google dan dapat diterapkan pada blog. Berikut adalah jenis konten pemasangan rich snippet di blog.

21 Jenis Halaman Rich Snippets


Breadcrumb 
Adalah sebuah link navigasi yang biasa diletakkan seorang pemilik blog di atas judul artikel. Penggunaannya bertujuan memudahkan mesin pencari melakukan crawl dari alamat beranda hingga ke alamat halaman artikel (URL).
Rich Snippet Google Breadcrumb

Breadcrumb google seperti dijelaskan melalui halaman resmi rich snippet breadcrumb jejak dari sebuah breadcrumb menunjukkan posisi halaman sebuah situs. Breadcrumb berfungsi untuk mengategorikan informasi dari halaman tersebut dalam hasil penelusuran. Memasang rich snippet breadcrumb dapat dilihat pada artikel kami pada memasang rich snippet breadcrumb google khusus untuk blogspot.
Kontak Perusahaan
Fitur rich snippet google markup kontak perusahaan di situs resmi Anda untuk menambahkan informasi kontak perusahaan ke panel Pengetahuan Google di beberapa penelusuran, misalnya ketika pengguna memasukkan nama perusahaan Anda ke dalam kotak Penelusuran. Dengan begitu semua informasi terkait di dalamnya akan dimunculkan google.
Rich Snippet Kontak Perusahaan

Markup rich snippet google kategori kontak perusahaan dapat diuraikan seperti gambar di atas melalui alat pengujuan data. Lihat sumber referensi rich snippet kontak perusahaan google.
Carousel
Seperti halnya dengan widget slider, fitur rich snippet carousel dapat berupa gallery gambar berurutan seperti tampilan galleri slide. Fitur ini dilengkapi dengan rating bintang dan mendukung gambar dan video dari dalam artikel sebuah situs
Logo
Sudah jelas fitur ini dikhususkan bagi pemilik organisasi atau pemilik bisnis. Dengan fitur ini terdapat kotak gambar logo bisnis dan terkait informasi di dalamnya seperti CEO (Pemilik), alamat, Jenis layanan, Didirikan, dan lain sebagainya sesuai format yang didukung
Kotak Penelusuran Sitelink
Dahulu google SERP menamilkan sitelink dengan tujuan memberikan alamat url diunggulkan seperti artikel yang banyak dikunjungi. Seperti halaman kontak, halaman produk, dan lain sebagainya. Seperti fitur rich snippet kotak penelusuran di atas, fitur ini menambahkan alamat sitelink sebuah situs dan juga terdapat form pencarian langsung di bawahnya.
Profil Sosial Media
Biasnya fitur ini dimiliki oleh website artis atau pejabat pemerintah dan orang terkenal lainnya. Fitur ini menampilkan jejeran alamat sosial media dari orang yang bersangkutan tersebut. Bagi pemilik blog terkenal juga dapat menambahkan fitur ini jika kalian menghendakinya.
Artikel
Untuk penggunaan rich snippet artikel haruslah berhati-hati dan dilakukan dengan benar sesuai kualitas pedoman webmaster google. Artikel memang sangat kompleks dikarenakan jenis artikel dapat menjurus ke berbagai artikel. Biasanya rich snippet artikel dikhususkan untuk blog berita. Namun ada penulis buku yang memasangnya agar konten terindeks lebih baik.
Buku
Kursus
Kumpulan Data/Tabel
Acara/Event
Verifikasi Informasi
Postingan Lowongan Pekerjaan
Bisnis Lokal
Pekerjaan
Podcast
Produk
Resep
Ulasan
Dapat diucapkan
Video

Rich Snippet Video Generator | Alat Pengujuan Data Terstruktur Google Lihat halaman resmi google tentang gallery penelusuran berkaitan dengan rich snippet ini. Happy Blogging! by. Sejuta Trik Blogger

Sejarah Doodle (Logo Orat-Oret Google)

Sejarah Doodle (Logo Orat-Oret Google) dimulai saat Larry Page dan Sergey, bermain-main dengan logo perusahaan untuk menunjukkan kehadiran mereka di festival Burning Man di gurun pasir Nevada. Mereka meletakkan gambar orang sederhana di belakang huruf "o" kedua di kata Google, logo yang direvisi itu dimaksudkan sebagai sebuah pesan komikal bagi pengguna Google bahwa pendirinya sedang "berada di luar kantor". Meskipun orat-oret pertama relatif sederhana, ide untuk menghias logo perusahaan guna merayakan acara penting telah dimulai sejak saat itu. (By : Google Doodle About)

Dua tahun kemudian pada tahun 2000, Larry dan Sergey meminta master web Dennis Hwang, karyawan magang pada saat itu, membuat orat-oret untuk Hari Bastille. Pengguna kami menyambut dengan sangat baik atas ditunjuknya Dennis sebagai doodler utama di Google dan orat-oret mulai semakin sering muncul di beranda Google. Pada awalnya, sebagian besar orat-oret merayakan hari besar yang diketahui secara umum; kini, orat-oret mengangkat berbagai macam peristiwa dan hari jadi, mulai dari Ulang Tahun John James Audubon hingga Es Krim Sundae. (By : Google Doodle About)

Tentang Doodle (Orat-oret)
Orat-oret adalah perubahan yang menyenangkan, mengejutkan, dan kadang spontan, yang dibuat untuk logo Google guna merayakan liburan dan peristiwa penting, serta memperingati kehidupan para seniman terkenal, pelopor, dan ilmuwan. (By : Google Doodle About)

Pembuat Doodle Pertama
Dulu saya pernah menulis tentang Pembuat Doodle (Logo Google). Sebenarnya apa sih Doodle (Orat-orat Google) itu? Orat-oret adalah perubahan yang menyenangkan, mengejutkan, dan kadang spontan, yang dibuat untuk logo Google guna merayakan liburan dan peristiwa penting, serta memperingati kehidupan para seniman terkenal, pelopor, dan ilmuwan.

Tujuan Doodle (Logo Orat-oret Google)
Seiring berjalannya waktu, permintaan untuk orat-oret telah meningkat di AS dan dunia internasional. Saat ini, membuat orat-oret menjadi tanggung jawab tim ilustrator berbakat (mereka disebut sebagai doodlers) dan insinyur. Bagi mereka, membuat orat-oret telah menjadi upaya kelompok untuk memeriahkan beranda Google dan membawa senyum ke wajah para pengguna Google di seluruh dunia. (By : Google Doodle About)

Jumlah Orat-oret
Banyak sekali yang sudah dibuat google tentang orat-oret ini, untuk melihatnya silakan menuju ke alamat di bawah ini!

Kontribusi
Tim orat-oret selalu senang mendengar ide dari para pengguna - mereka dapat mengirimkan ide untuk orat-oret Google berikutnya melalui email ke proposals@google.com. Tim ini menerima ratusan permintaan setiap harinya sehingga kami tidak dapat menanggapi semuanya. Tapi jangan khawatir, semuanya dibaca, kok! :)

Jika sahabat tertarik dengan pernak-pernik doodle, kita bisa melihatnya di http://www.zazzle.com/googledoodles dan sekaligus untuk membeli.

Sekian sejarah doodle (Orat-Oret Google) yang bisa saya berikan. Semoga membantu!

Artikel di atas sumbernya ada di :
Tentang Orat-oret

Happy Blogging! by. Sejuta Trik Blogger