Textual description of firstImageUrl

Google Algoritm March 2019 Core Update

Google Search Update

Google merupakan perusahaan besar dengan segala layanannya. Termasuk untuk layanan google search atau layanan pencarian. Google sangat berhati-hati dan mempersiapkan segala sesuatunya sebelum perubahan layanan termasuk cara kerja mesin pencari atau algoritmanya. Seperti diberitakan pada twit Google SearchLiaison berikut :

Google Search Update Core

Google Algoritma Maret 2019 diberi nama "Core Update". Google March 2019 Core Update berisikan pembaruan tentang analisa data tentang konten yang ada dalam database google dan lebih menyaring konten yang lebih tajam dan ketat terutama blogspot. Google secara resmi memberikan nama Core Update pada Maret ini karena ingin memberikan stigma kepada masyarakat untuk mengatasi kebingungan. Jargon tersebut muncul setelah sebelumnya terkait update google tentang Google Panda. Algoritma Google Panda pada saat itu bertujuan memberikan solusi bagi para petani yang pada masa itu konten petani masih sangat minim dan berbeda dengan konten bisnis. Nama Google Panda merupakan salah satu petani terkenal dengan nama akhirnya yaitu "Panda"

Google Core Update March 2019 merupakan revolusi dari cara kerja mesin pencari Google.
Google mengatakan ada "tidak ada perbaikan" untuk pembaruan Core. Tetapi kami mengumpulkan data dalam survei untuk menganalisis data dan melaporkan kembali kepada Anda dengan temuan kami. Kata Danny Sullivan dan berharap dapat memecahkan kebingungan, ungkapnya.
Kaitannya dengan SEO Blogspot:


Untuk SEO Blogspot perlu adanya analisa dan perbaikan dari segi konten artikel. Berikut kami berikan tips dan trik mengenai dampak Update Core tersebut :

  • 1. Tentang Google Update Core
  • Merupakan pembaruan tentang algoritma atau cara kerja mesin pencari sebelumnya yaitu Medic Core pada Januari 2019 lalu.
  • 2. Tujuan Google Update Core
  • Memperbaiki hasil pencarian dan juga memperbarui analisa data yang masih menjadi temuan tim penyedia layanan pencarian.
  • 3. Dampak Google Update Core
  • Hasil pencarian blog mungkin akan berbeda dan beberapa artikel blog mungkin hilang pada hasil pencarian. Tidak ada cara memperbaiki peringkat blog pada hasil pencarian yang hilang.
  • 4. Tips Google Update Core
  • Gunakan fitur add url google terbaru untuk mengirim kembali artikel anda yang telah lalu setelah diperbarui.


    Kesimpulan update alogaritma google yaitu tetap memberikan konten yang bermanfaat untuk pembaca. Cobalah kita mencari-cari kekurangan artikel kita yang turun peringkat atau lebih naasnya lagi hilang pada mesin pencari google. Artikel yang hilang dianggap sebagai Poor Content atau minim konten sehingga dianggap tidak ada nilainya. Sekian tips tentang Google Core Update Maret 2019 ini semoga bermanfaat. Jika artikel ini bermutu, bagikan ke teman blogger anda dan happy blogging!
    Textual description of firstImageUrl

    High Domain Authority Backlink Gratis Blogspot

    domain authority backlink

    Mesin pencari seperti Google masih menggunakan backlink sebagai salah satu faktor dari 100+ faktor peringkat mesin pencari untuk menghitung peringkat halaman situs Anda. Jika Anda ingin peringkat lebih tinggi, Anda perlu backlink yang lebih berkualitas.

    Bagi Anda yang memiliki rezeki lebih dan ingin mendapatkan backlink berkualitas tanpa susah-susah menanam backlink, Anda dapat membeli backlink di situs penyedia jasa backlink. Proses ini sangat cepat dan langsung dapat dirasakan perbedaan blog dengan jasa backlink ini.

    Namun bagi anda yang ingin mencari backlink dengan domain authority (DA) secara gratis, kami ada daftarnya. Meskipun dilakukan secara manual dan memakan waktu saya rasa pilihan situs berikut dapat Anda coba untuk blogspot tentunya. Namun sebelum melakukan teknik SEO ini berikut penjelasan tentang Domain Authority (DA) dari moz.

    Domain Authority (DA) adalah skor peringkat mesin pencari yang dikembangkan oleh Moz yang memprediksi seberapa baik peringkat situs web pada halaman hasil mesin pencari (SERP). Skor Otoritas Domain berkisar dari satu hingga 100, dengan skor lebih tinggi sesuai dengan kemampuan peringkat yang lebih besar. Otoritas Domain dihitung dengan mengevaluasi berbagai faktor, termasuk menautkan domain root dan jumlah total tautan, ke dalam skor DA tunggal. Skor ini kemudian dapat digunakan ketika membandingkan situs web atau melacak "kekuatan peringkat" dari suatu situs web dari waktu ke waktu. Anda dapat melihat DA situs web dengan menggunakan MozBar (ekstensi Chrome gratis), Link Explorer (alat analisis backlink), bagian Analisis SERP dari Keyword Explorer , dan lusinan alat SEO lainnya di seluruh web.

    Kembali ke topik kita mengenai domain authority backlink gratis, anda dapat menghindari proses yang melelahkan dan alternatif yang lebih mudah. Seperti artikel kami terdahulu terkait menghubungkan blogger dengan google+ juga termasuk backlink berkualitas. Ikuti panduan di bawah ini untuk membuat backlink DA (Domain Authority) berkualitas tinggi namun gratis. Lakukanlah dengan mengunjungi situsnya lalu buatlah profil dan menautkan blog anda. Proses ini sangatlah sederhana dan hanya perlu waktu beberapa menit saja namun manfaatnya luar biasa. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut.

    1. Foto Bucket

    Photobucket adalah situs hosting gambar gratis. Anda juga dapat memposting video pendek dan story blog kamu di dalamnya. Tambahkan gambar Anda yang relevan dengan tema blog kamu dan tautan di deskripsi.
    • PA - 65
    • DA - 95
    Proses pendaftaran gratis dan mudah. Anda dapat menggunakan akun Facebook atau alamat email Anda. Dengan itu, mereka memberi Anda 2GB penyimpanan gratis dan akses ke semua yang ada di situs mereka.

    2. Deviant Art

    DeviantArt bisa dibilang adalah komunitas karya seni online terbesar. Situs ini menjadi tuan rumah berbagai karya seni digital. Anda dapat membagikan atau mempromosikan komunitas Anda ke komunitas mereka yang luar biasa.
    • PA - 84
    • DA - 92
    Untuk membuat akun gratis di Deviant Art, Anda hanya perlu mengirimkan gambar atau infografis dari kiriman Anda. Kemudian, tambahkan tautan kembali ke pos Anda di deskripsi profil Anda.

    3. Image Shack

    ImageShack adalah platform hosting gambar gratis. Ini berbasis langganan, dan mudah digunakan. Unggah gambar Anda dengan mengklik beberapa tombol.
    • PA - 79
    • DA - 94
    Mendaftar untuk mendapatkan akun gratis. Kirimkan foto, gambar, atau infografis Anda, dan tambahkan beberapa link sederhana ke situs web Anda dalam deskripsi. Itu dia.

    4. Drop Shots

    DropShots adalah situs web hosting gambar lainnya. Ini akan membantu Anda melakukan diversifikasi profil tautan Anda. Mereka meng-host foto dan video, yang dapat Anda unggah kurang dari satu menit.
    • PA - 60
    • DA - 70
    Semua akun gratis. Daftar di bawah lima menit, lalu poskan gambar Anda. Jangan lupa untuk menautkan kembali ke situs Anda dalam deskripsi dan profil Anda.

    5. Photo Peach

    PhotoPeach adalah situs web hosting berbagi slide. Dengannya, Anda dapat membuat foto dan slideshow. Anda dapat menyematkannya di situs web Anda dan membagikan slide Anda dengan dunia. Mereka juga memudahkan untuk berbagi melalui email, IM, dan Facebook.
    • PA - 60
    • DA - 72
    Proses pendaftarannya mudah dan gratis. Masukkan gambar terkait niche Anda sesudahnya. Kemudian tambahkan beberapa teks pendukung dan tautan dalam deskripsi Anda.

    6. Scrub The Web

    ScrubTheWeb adalah penganalisa situs web. Kirim situs Anda secara gratis dan terima laporan kesehatan situs Anda. Situs ini mirip dengan google webmaster tools atau search console
    • PA - 55
    • DA - 72
    Ini gratis untuk digunakan. Kirim URL situs Anda dan verifikasi email untuk konfirmasi ke web mereka. Mudah sekali.

    7. Directory World

    DirectoryWorld mungkin menjadi direktori terbesar yang diedit oleh manusia di planet ini. Pilih dari salah satu dari ratusan kategori untuk situs web Anda. Mereka terkadang memblokir pengiriman gratis, jadi periksa kembali dari waktu ke waktu.
    • PA -57
    • DA - 61
    Mendaftar itu mudah. Setelah itu, buat deskripsi situs Anda dan tautan balik.

    8. So Much

    SoMuch adalah direktori online gratis. Anda dapat memilih dari seratus atau lebih kategori. Pilih salah satu yang paling menggambarkan situs web Anda.
    • PA -51
    • DA - 57
    Yang ini juga gratis. Sayangnya, perlu sekitar seminggu bagi pengelola untuk menyetujui tautan Anda. Situs mengatakan hanya lima hari, tetapi kadang-kadang memakan waktu lebih lama.

    9. Jayde

    Jayde adalah mesin pencari bisnis-ke-bisnis. Mereka memberikan nama perusahaan, layanan, produk, dan informasi lainnya. Situs ini cocok untuk blog anda yang mempunyai tema blog bisnis atau perusahaan. 
    • PA - 57
    • DA - 59
    Ikuti petunjuk untuk mendaftar akun gratis. Kemudian daftarkan situs web Anda. Jangan lupa sertakan tautan Anda yang relevan!

    10. Author Stream

    AuthorStream adalah platform hosting presentasi. Kirim animasi, narasi audio, dan slide video Anda. Anda bahkan dapat menyiarkan presentasi Anda secara langsung.
    • PA - 67
    • DA - 84
    Ikuti arahan untuk mendaftar akun gratis. Kemudian, edit profil Anda dan letakkan backlink ke situs web Anda. Jangan lupa menambahkan biodata pendek blogspot.

    11. Quora

    Quora adalah situs web tanya jawab yang didirikan pada tahun 2009. Ya, Anda dapat memperoleh tautan balik DA cepat dan tinggi. Anda juga dapat membantu menghasilkan lalu lintas organik ke situs Anda dengan menjawab pertanyaan industri yang relevan dari anggota lain.
    • PA - 72
    • DA - 92
    Pendaftaran akun gratis membutuhkan waktu kurang dari lima menit. Kata penutup, isi profil Anda dan sertakan tautan ke situs Anda.

    12. About Me

    About.me adalah situs web tempat Anda dapat membuat halaman profil secara gratis. Memuat foto dan bio Anda, dan Anda siap melakukannya.
    • PA - 72
    • DA - 92
    Daftar hanya perlu beberapa menit. Anda juga dapat mengirim lalu lintas web ke halaman profil Anda sebagai manfaat tambahan.

    13. Issuu

    Issuu adalah platform penerbitan elektronik. Ini digunakan terutama untuk majalah, surat kabar, dan katalog.
    • PA -82
    • DA - 94
    Mendaftar untuk mendapatkan akun gratis dan menerbitkan dokumen. Pastikan itu konten asli. Pastikan untuk memasukkan tautan ke situs Anda dalam dokumen.

    14. Zoho

    Zoho adalah perangkat lunak CRM. Rangkaian perangkat lunak berisi opsi untuk spreadsheet, presentasi, basis data, pembuatan catatan, pengolah kata, konferensi web, dan wiki.
    • PA - 70
    • DA - 89
    Mendaftar untuk mendapatkan akun gratis. Kemudian kirimkan dokumen yang menyertakan tautan kembali ke pos Anda. Mudah.

    15. Dropbox

    Dropbox adalah layanan hosting file. Di atasnya, Anda dapat menyimpan dokumen, gambar, dan file lainnya di cloud.
    • PA - 83
    • DA - 94
    Buat akun gratis Anda. Kata penutup, masukkan backlink ke situs Anda di dokumen dan deskripsi Anda. Pastikan untuk mengunggah konten unik dan relevan.

    16. Im Faceplate

    ImFaceplate adalah situs berbasis artikel. Tambahkan artikel sekitar tiga ratus kata dan sertakan backlink ke situs Anda. Artikel biasanya diindeks dalam beberapa jam.
    • PA - 56
    • DA - 72
    Mendaftar untuk mendapatkan akun gratis. Tambahkan artikel Anda yang relevan. Tambahkan backlink ke profil Anda. Sangat mudah seperti belajar seo blogspot pemula.

    17. Bit Bucket

    BitBucket adalah situs untuk proyek pengkodean. Jatuhkan backlink ke profil Anda, dan Anda selesai.
    • PA -73
    • DA -92
    Daftar gratis. Jangan khawatir tentang menambahkan proyek pengkodean. Anda tidak membutuhkannya.

    18. List

    List.ly adalah situs web penerbitan daftar gratis. Buat daftar barang yang relevan dan publikasikan.
    • PA - 67
    • DA - 76
    Mendaftar untuk mendapatkan akun gratis Anda. Kemudian tambahkan backlink Anda di dalam daftar Anda.

    19. Pen

    Pen.io adalah situs Web 2.0. Jangan khawatir; mudah diatur. Untuk memulai, tambahkan gambar dan beberapa teks. Sertakan infografis dengan tautan kembali ke situs Anda.
    • PA - 92
    • DA - 94
    Mendaftar membutuhkan beberapa menit. Membangun pos Anda membutuhkan waktu kurang dari setengah jam.

    20. Cheaper Seeker

    CheaperSeeker adalah situs web kupon hosting. Jangan khawatir; Anda tidak perlu menambahkan kupon. Buat deskripsi yang menjelaskan kupon yang seharusnya Anda sertakan yang menyertakan backlink.
    • PA - 49
    • DA - 49
    Daftar mudah dan gratis.

    Cara Mencari Backlinks Gratis Lainnya

    Membuat backlink domain authority gratis bisa sangat sederhana. Gunakan alat web seperti MozBar untuk menghitung otoritas domain situs mana pun. Lalu pilih dan kunjungi situs dengan DA tinggi yang menyertakan profil Anda.

    Buatlah link dengan cara yang sopan seperti memohon izin dan menggunakan kata-kata yang baik, dan apabila disetujui pemilik situs akan langsung ditampilkan. Atau kunjungi halaman SEO Off Page blog ini, di sana sudah kami buat daftar tambahan untuk backlink dengan DA tinggi juga.

    Jika Anda menemukan artikel ini bermanfaat, luangkan waktu lima menit untuk menelusuri artikel kami yang lain. Klik tombol suka dan bagikan ke teman blogger anda.
    Textual description of firstImageUrl

    100+ Faktor Peringkat Hasil Pencarian Google

    Google Rank Factor

    Last Update : Sunday, March 17, 2019 at 11:03

    Praktik optimasi seo blogspot terbaik yaitu dengan memahami tren dan kondisi update mesin pencari terbaru 2019. Agar blog tampil dengan ranking teratas anda perlu mengetahui faktor peringkat hasil pencarian google. 100 lebih faktor penentu berikut ini dapat mempengarui, menentukan, memposisikan, dan menaikkan peringkat blog pada hasil pencarian. Agar mudah dipahami artikel ini saya kelompokkan menjadi beberapa kategori faktor penentu. Saya mengambil beberapa referensi beberapa pakar seo internasional seperti Backlink dot co, Moz, SEJ, SEL, serta halaman resmi bantuan webmaster google. Halaman-halaman tersebut secara jelas menyebutkan ratusan aspek atau hal-hal yang dapat mempengaruhi rangking sebuah situs.


    Berdasarkan pengalaman saya ngeblog sejak 8 tahun yang lalu saya berpendapat bahwa blog dengan teknik seo berikut ini dapat mempengaruhi peringkat artikel. Dengan cara resmi dan dengan anjuran sesuai kebijakan mesin pencari akan membuat posisi blog selalu konsisten dan tetap mendapatkan trafik yang konsisten pula. Selamat membaca pengalaman saya dalam blogging!.

    Google melalui website secara resmi mempublikasikan cara kerja penelusuran1 serta uraian singkat tentang algorithma bahwa terdapat ratusan lebih faktor yang dapat mempengaruhi rangking sebuah halaman blog. Terdapat setidaknya 200 faktor penentu peringkat situs pada mesin pencari seperti juga dijelaskan oleh SEJ (Search Engine Journal). Lihat penjelasan google melalui screenshot di bawah ini

    faktor penentu peringkat google
    Kaitannya optimasi SEO untuk blogspot saya menuliskan 100+ bagian agar dapat dimaksimalkan untuk memperbaiki peringkat blog. Faktor penentu posisi blog pada hasil pencarian memang sepenuhnya menjadi kebijakan Google. Akan tetapi dengan usaha berikut dapat berpengaruh besar bahwa penilaian blog kita layak untuk masuk pada posisi pertama hasil pencarian Google. Apa saja faktor penting penentu agar posisi blog menjadi no.1 pada penelusuran Google? Mari kita bahas bersama.

    A. Kata Kunci
    Google sebagai penyedia layanan pencarian dengan hanya memasukkan kata kunci tentu pengaruh penggunaan kata kunci pada blog menjadi paling utama sebagai penentu hasil pencarian. Sebagai dasar optimasi SEO blogspot, saya mengambil referensi menurut Brian (CEO baclink.co) melalui artikelnya tentang Google's 200 ranking factor2 yaitu :
    1. Kata Kunci Judul Blog/Nama Blog
    2. Kata Kunci Judul Artikel
    → Kata Kunci Deskipsi
    Untuk pembuatan deskripsi untuk header blog maupun deskripsi judul posting teman-teman dapat mengikuti pedoman membuat judul dan cuplikan yang baik di hasil penelusuran.3 Deskripsi nama blog maupun deskripsi pada postingan berfungsi untuk memberitahu mesin pencari tentang uraian singkat halaman. Pada hasil pencarian (Google) deskripsi yang sesuai kata kunci akan ditebalkan.
    3. Kata Kunci Heading
    HTML heading berfungsi untuk prioritas halaman setelah itu menunjuk pada heading selanjutnya. Jika H1 adalah judul blog maka seharusnya judul postingan adalah H2. Untuk blogspot dikenal dengan tehnik pemindahan heading dengan cara membuat blog dynamic heading. Yaitu memindah posisi judul posting menjadi H1 kemudian akan loncat ke heading selanjutnya misalkan H2 nama blog. Penggunaan heading h1 disertai kata kunci akan mempengaruhi posisi judul postingan di hasil pencarian.
    4. Kata Kunci Artikel
    Penggunaan kata kunci pada artikel masih menjadi tranding topik hingga saat ini. Patokan penggunaannya, jumlah sesuai rumus tertentu, bahkan setiap tahun untuk teori kata kunci artikel selalu berubah-ubah sejalan dengan tehnik SEO terbaru. Hingga saat ini saya masih belajar menggunakan kata kunci pada artikel karena penggunaan yang salah dapat mempengaruhi posisi peringkat artikel.
    5. Kata Kunci Tranding/Persaingan
    Jika teman-teman mengikuti kursus SEO maka akan mengikuti kelas tertentu sesuai tingkatannya. Untuk pemula seperti saya, baru sebatas kata kunci dengan persaingan sejuta kata pada hasil penelusuran. Persaingan kata kunci yang lebih banyak membuat optimasi seo blogspot semakin sulit dan rumit. 100 faktor peringkat hasil pencarian ini masih terlalu sedikit untuk dilakukan agar posisi artikel naik. Dengan kata lain semakin banyak persaingan kata kunci, semakin susah menduduki tingkat pertama hasil pencarian tersebut.
    6. Kata Kunci URL
    Sama halnya dengan nama domain kata kunci url dapat mempengaruhi peringkat situs pada hasil pencarian. Hal ini terlihat jelas pada hasil pencarian mesin pencari Bing. Misalkan anda mengetikkan "belajar seo" maka url yang mengandung kata "belajar seo" akan muncul pada hasil pencarian lebih awal. Bila anda menggunakan blogspot, url artikel dapat diganti dengan cara menggunakan fitur tautan permanen atau permalink blogspot.
    7. Kata Kunci Kerapatan
    Keyword Density atau kerapatan kata kunci dapat menginformasi mesin pencari menentukan ranking blog. Seberapa sering kata kunci itu muncul dan berbagai fariasi tampil dapat menginformasi bahwa artikel tersebut memang menjelaskan materi. Namun tak ada jaminan kewords density mampu mempengaruhi peringkat. Bahkan moz sendiri mengindikasi bahwa google tidak pernah memakai kerapatan kata kunci sebagai faktor rangking sebuah situs. Jika seberapa banyak kata kunci muncul dalam halaman, semua orang akan berlomba-lomba memperbanyak kerapatan kata kunci tersebut.
    8. Kata Kunci Gambar
    Penggunaan kata kunci pada gambar sudah umum dilakukan seorang webmaster. Caranya dengan menambah HTML tag alt dan HTML tag title pada gambar. Masukkan minimal 2 kata dan maksimal 5 kata pada setiap halaman artikel. Biasanya optimasi seo ini di khususkan untuk hasil pencarian gambar google.
    9. Kata Kunci Panjang (Long Tail Keyword)
    Long tail keyword diciptakan jauh sebelum google penelusuran suara secara resmi diluncurkan. Kata kunci panjang ini diciptakan untuk terhubung langsung dengan pelanggan dan juga sebelum layanan google bisnis lokal dibuka. Long tail keyword masih menjadi acuan bahwa kata kunci panjang bisa saja mempengaruhi pencarian. Sebagai contoh teman-teman mengetikkan kata kunci "KUE", "KUE KLAPPERTAART" dan "KUE KLAPERTAART MANADO". Pengunjung akan mencari dengan kata kunci lebih spesifik yaitu mengenai resep, apa itu kue klapertaart, bahkan yang lebih spesifik lagi menyebutkan tempat. Posisi blog dipengaruhi juga oleh pencarian dengan cara long tail keyword tersebut. Dari studi kasus hasil pecarian sering dijumpai artikel dengan judul panjang disertai long tail keyword.

    Kasus umum terjadi yaitu pengunjung jika mencari "RESEP" dan hanya memasukkan "KUE KLAPERTAART" maka akan terjadi banyak sekali variasi mulai dari resep, toko kue, bahkan beberapa artikel yang tampil sedikit berbeda maksud dengan resep tersebut. Jika penggunaan kata kunci panjang (long tail keyword) dilakukan dengan baik, posisi peringkat blog secara teknis dapat naik. Beberapa kata kunci panjang dapat dijumpai pada judul artikel seperti "KUE KLAPERTAART ENAK MANADO" RESEP KUE KLAPERTAART ORIGINAL YUMMY" dan lain-lain.
    10. Kata Kunci Update
    Kata kunci update biasanya sering muncul atau digunakan pada blog berita. Kata kunci konten terkini menjadi sinyal utama sebuah blog tampil teratas. Pengguna biasanya membutuhkan informasi berkualitas terbaru daripada informasi berkualitas tapi sudah kadaluwarsa. Maka kata kunci update merupakan penentu untuk artikel berjenis berita yang selalu uptodate.
    11. Kata Kunci Latent Semantic Indexing (LSI)
    LSI sama halnya "Homofon" dalam pelajaran bahasa Indonesia diartikan sebagai kata yang sama lafadh dan ejaannya, tetapi berbeda makna karena berasal dari sumber yang berlainan (seperti 'hak' pada 'hak asasi manusia', dan 'hak' pada 'hak sepatu'). LSI keyword sebenernya sudah dipatenkan sejak tahun 1990 bahkan sebelum perusahaan Google berdiri. Pada awal mula google pencarian, terjadi kasus populer yaitu pengguna mengetikkan "APPLE" dengan tujuan mencari "buah apel" tetapi yang terjadi, hasil penelusuran Google menunjukkan perusahaan "APPLE" ikut ditampilkan. Tidak hanya itu untuk kata kunci lainnya juga kerap terjadi. Seiring berkembangnya metode algoritma, kejadian tersebut mulai teratasi. Untuk mengatasi LSI keyword penggunaan sinonim atau persamaan kata dapat membantu mendeskripsikan artikel. Dampaknya cukup signifikan setelah penambahan beberapa kata terdekat dengan maksud yang sama, posisi blog akan naik. Penggunaan persamaan kata lebih banyak lebih baik untuk membantu menaikkan blog.
    12. Kata Kunci Organik
    Kata kunci organik dapat muncul tanpa kita sadari sebagai hasil kunjungan sebuah artikel. Apabila blog sudah mempunyai pencarian artikel secara alami, kata kunci organik dapat terlihat dari beberapa SEO tools. Jika blog memiliki nice tema tunggal atau pokok bahasan tunggal maka kata kunci organik tidak akan jauh berbeda dengan kata kunci utama blog anda. Kata kunci organik merupakan penilaian penting google untuk menentukan peringkat situs.


    B. Domain
    Faktor penentu selanjutnya terkait semua hal tentang pemilihan nama domain seperti dijelaskan elite strategi tentang on page seo domain name4
    13. Domain Autority
    Faktor domain pertama ulasan artikel ini tentang faktor domain, saya mengambil domain autority. Apa itu domain authority (DA) atau kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah otoritas domain? DA adalah nilai dari sebuah peringkat nama domain yang dikembangkan oleh Moz sebagai alternatif pagerank untuk menentukan kualitas peringkat blog. DA dapat berubah-ubah mulai dari 1 (untuk domani baru) hingga 100 untuk domain tertinggi. DA merupakan faktor penentu sebuah situs dapat tampil lebih baik dalam hasil pencarian mesin pencari. Lihat penjelasan lengkap tentang Backlink Gratis Domain Authorityf (DA) ya!
    14. Domain Registar
    Pakar SEO berpendapat bahwa nama domain yang didaftarkan dengan masa kadaluwarsa (expired) lebih lama akan lebih diprioritaskan google. Prioritas penelusuran google dapat berupa penilaian terhadap jangka regristrasi nama domain. Rata-rata umur domain yang ideal untuk SEO blogspot adalah domain dengan umur registrasi 2 hingga 5 tahun kedepan.
    15. Domain Whois
    Ada beberapa faktor menurut crnch tentang whois domain5 serta pengaruhnya untuk SEO blog yaitu :
    1. Domain whois publik lebih baik dari pada whois private
    2. Domain whois dengan alamat kontak palsu atau tidak jelas
    3. Domain Whois terkait tag lokasi
    4. Domain Whois dengan catatan kepemilikan
    16. Domain Keywords
    Domain keyword seperti penjelasan url keyword yaitu nama blog dengan mencantumkan kata kunci. Untuk tehnik seo on page tersebut akan leibh kuat dibandingkan dengan nama personal. Sebagai contoh saya memiliki website tentang roti klapertaart, akan lebih seo friendly jika nama domain adalah rotiklapertaartahmad.com dari pada ahmadmaryukiklapertaart.com. Nama domain dengan keyword tersebut akan diunggulkan oleh mesin pencari dengan pencarian "roti klapertaart".
    17. Domain History
    Domain history erat kaitannya dengan reputasi sebuah blog sebelumnya. Sebuah website akan dipantau melalui proses indexing Google pada server utama mereka. Nama domain dengan catatan seperti pernah mendapat pinalti google, banned google adsense, pelanggaran kebijakan, blog spam dan lainnya menjadi catatan hitam (blacklist) dari mensin pencari. Sebuah website dengan blacklist tersebut akan susah masuk peringkat pertama pada hasil pencarian. Kita harus berhati-hati saat membeli nama domain, jangan-jangan nama domain tersebut mempunyai track reccord buruk. Jangan tergiur nama domain dengan alasan berpagerank tinggi atau semacamnya.
    18. Domain Age
    Meskipun umur nama domain tidak berpengaruh banyak pada peringkat hasil penelusuran, umur domain perlu dilakukan pengujian lebih lanjut. Biasanya umur domain lebih tua juga mempunyai faktor pendukung lain tampil pertama pada hasil pencarian mesin penelusuran.
    19. Domain Move
    Alasan utama mengapa blog ini tidak berganti dengan nama domain berbayar (TLD) yaitu karena domain move ini. Domain move adalah perpindahan antara domain awal ke domain baru. Ketika pemilik situs/webmaster memutuskan untuk mentransfer nama domain blogspot ke nama domain seperti .com apabila pengaturan tidak dilakukan dengan baik maka akan berdampak buruk pada peringkat situs web. Perubahan tersebut akan membuat perubahan penilaian terlebih dari google akan mengkalkulasi ulang beberapa faktor pengaruh blog. Anda juga harus merelakan setiap link langsung yang sudah anda bangun sejak anda membuat blog pertama kali.
    20. Subdomain Keyword
    Para ahli SEO seperti SEJ (Search Engine Journal) setuju bahwa subdomain lebih baik dari pada subfolder. Seperti dicontohkan situs disney.com dengan beberapa subdomain seperti cars.disney.com, videos.disney.com, disneyparks.disney.com, princess.disney.com dan diberikan perlakuan secara terpisah. Subdomain tersebut diberuntukkan untuk "bisnis" dan tentu perusahaan disney memiliki berbagai produk dan setiap produk memiliki pangsa pasar yang berbeda.
    Seperti halnya blogspot, untuk penjelasan subdomain tersebut merupakan penggunaan domain berbayar TLD. Kaitannya dengan SEO blogspot, kita pada posisi menggunakan subdomain dan gratis. Kekurangan subdomain gratis yaitu kita akan mengoptimalkan satu alamat subdomain tersebut. Sebagai contoh blog ini dengan subdomain dari induk blogspot.com yaitu sejutatrik.blogspot.com.
    Subdomain baiknya hanya memiliki satu tema pembahasan saja, apabila dicampur adukkan dengan pembahasan lain akan berdampak negatif bagi SEO blog seperti postingan tidak muncul di google, peringkat buruk, karena pendukung subdomain tersebut tidak diberikan suntikan tautan sebagaimana keterkaitan tema blog.
    21. Domain Word TLD (Top Level Domain)
    TLD seperti .com, .net, .org serta lainnya sudah sering kita jumpai sebagai penggunaan nama domain. TLD mempunyai peran penting bagi SEO dan Adsense. Sebagai indikasi bahwa webmaster mempunyai keseriusan membangun blog serta mengelola sumber informasi atau produk. Sekarang ini terdapat DW TLD yaitu domain word top level domain seperti .online, .salon, .recipes, .city, .xyz dan lain-lain. Seperti faktor pengaruh pada url, nama domain tersebut dipakai agar sesuai kata kunci yang dibidik. Sebuah blog dengan domain tersebut mampu menggeser posisi peringkat blog walaupun isi artikel minim kata kunci dengan bahasan yang sama karena pengaruh url domain word TLD tersebut.
    22. Domain Spelling
    Sesuai referensi di atas, kesalahan ejaan pada nama domain dapat mempengaruhi blog. Coba bandingkan nama domain matterfish.com dengan rnatterfish.com. Keduanya hampir sama namun akan berbeda arti pada hasil pencarian. Hal terburuk yang dapat terjadi yaitu memunculkan keyword LSI seperti ulasan saya di atas. Sebagai contoh website indonesia cumi-cumi.com padahal isi dan tema website tersebut bukan membahas tentang hewan cumi-cumi. Website tersebut dapat dikategorikan sebagai konten LSI.
    23. Domain HTTPS
    Pengaruh domain HTTPS yaitu pada enskripsi atau sambungan url halaman blog. Blogspot sudah dilengkapi dengan fitur pengalihan dari http ke https untuk blog lama seperti blog ini. Untuk blog baru sudah dialihkan otomatis dengan pengaturan pada menu http redirect. Fungsi https lainnya untuk mencegah adanya perilaku tidak wajar dari situs tersebut. Sudah sejak lama google mempublikasikan hal tersebut sebagai optimasi seo ilegal dan dapat dikenai pinalti. Blog seperti ini biasanya mempunyai peringkat yang rendah pada hasil pencarian. Terlebih untuk situs dengan format http menjadi jarang terlihat di hasil SERP (Search Engine Result Page).
    24. Domain Page Authority
    Seperti DA (domain authority) di atas, PA (Page Authority) merupakan penilaian yang dikembangkan oleh MOZ. Perbedaan terletak pada sumber penilaiannya yaitu jika DA didasarkan pada nama domain, sedangkan PA didasarkan pada sebuah halaman secara keseluruhan. Skor antara DA dan PA adalah 100 dan anda bisa melakukan pengecekan skor ini pada website MOZ. Setiap pengecekan nilai antara DA dan PA akan berbeda karena berdasar sumber pengecekan tersebut.
    25. Domain Trust
    Merupakan induk dari semua penilaian terhadap kepercayaan, keabsahan, dan lain-lain terhadap sebuah nama domain (situs) serta semua isi di dalamnya. Domain trust tidak didasarkan pada kepopuleran melainkan lebih bertujuan sebagai sumber terpercaya, aktual, dan dapat dibuktikan kebenaran informasinya. Domain trust tertinggi adalah milik situs seperti wikipedia, serta sumber terpercaya lainnya. Dengan blog menautkan melalui situs-situs tersebut, secara teknis akan ikut terbawa pengaruh baik. Akibatnya posisi blog juga akan berubah. Pada awal dipatenkannya pagerank 1997 nilai 0-10 berdasar pada penilaian terhadap domain trust ini.


    C. Content
    Dahulu dikenal dalam jargon SEO bahwa "konten adalah raja", maksudnya isi dalam pemilihan tema, artikel-artikel di dalamnya, hingga mengelola isi blog berdasar kategori menentukan keberhasilan blog. Seperti dijelaskan unamo dalam artikel 30 faktor peringkat google6.
    26. Konten Panjang
    Panjang konten atau konten panjang dalam membuat artikel tidak menjamin peringkat situs. Faktor terpenting yaitu sebuah artikel itu dapat mendeskripsikan sebuah kata kunci tertentu. Tidak perduli panjang pendeknya, jumlah karakternya, ataupun jumlah kata kuncinya. Point utama artikel tersebut berkualitas atau tidak serta memberikan manfaat bagi pengunjung atau tidak itulah faktor terpenting penentuan blog layak untuk tampil di mesin pencari google.
    27. Konten Ganda
    Berkali-kali dalam blog ini saya menjelaskan tentang konten ganda atau plagiarisme. Perlu saya ulas lagi bahwa konten ganda tidak hanya berdasar pada artikel saja tetapi pada semua halaman atau on page blog. Konten ganda dapat terjadi pada :
    1. Artikel copy paste
    2. Duplikat title
    3. Duplikat link
    4. Duplikat view
    28. Konten Update
    Google tidak mementingkan frekuensi update postingan adalah benar. Tetapi google lebih menyukai postingan yang selalu diupdate. Konten update tidak harus merombak artikel tetapi memperbarui pendukung artikel. Kita tidak pernah tahu samapi berapa lama artikel rujukan dengan menyertakan link aktif dapat dipergunakan. Bisa saja link external tersebut dihapus penulis secara tiba-tiba. Link yang hilang atau tidak dapat ditemukan akan menimbulkan broken link atau link mati. Inilah alasan konten update itu penting dan dapat mempengaruhi peringkat blog pada penelusuran.
    29. Konten Spam
    Berdasarkan pedoman webmaster google7 untuk kualitas konten/artikel terdapat beberapa acuan bahwa sebuah blog dianggap spam apabila :
    → Konten dibuat secara otomatis dianggap spam seperti artikel dibuat menggunakan AGC (Auto Generate Content)
    → Konten artikel mengikuti program link MLL (Multi Level Link)
    → Konten memiliki penulisan keaslian dan berisi copy paste → Konten pengalihan otomatis
    → Konten memiliki text atau link tersembunyi
    → Konten menggunakan kata kunci yang tidak sesuai
    → Konten memiliki kesalahan (salah menggunakan) mark up snippet
    → Konten dengan komentar link aktif oleh pengunjung dianggap spam
    → Penggunaan alt dan title yang panjang pada gambar dianggap spam
    → Link dapat berisi spam dan apabila ditaruh pada artikel bisa dianggap spam
    → Hosting gratis dapat berupa spam
    30. Konten Relevansi
    Saya mengutip penjelasan bantuan adsense tentang relevansi8 atau keterkaitan konten dengan kata kunci. Relevansi konten yaitu penilaian google terhadap mutu sebuah halaman. Dengan kualitas seberapa berguna artikel tersebut oleh pelanggan (pengunjung). Bagi publisher adsense relevansi konten dengan kata kunci sehubungan dengan iklan akan mendapat bayaran tinggi. Bukan tidak mungkin relevansi konten juga digunakan sebagai faktor untuk menentukan sebuah situs menduduki peringkat atas. Bantuan adsense tersebut memberikan tips bagi webmaster untuk meningkatkan relevansi konten yaitu dengan :
    konten relevansi
    31. Konten Deskriptif
    Saya tidak akan panjang lebar mengulas konten deskriptif atau sebuah artikel dengan kaya informasi serta artikel yang menjelaskan. Membuat pengunjung dapat memahami pokok bahasan yang dibahas dengan uraian singkat padat dan jelas. Untuk blogspot dapat dioptimalkan menggunakan Meta Tag Blogger. Teman-teman dapat melihat pada panduan membuat judul dan cuplikan yang baik di hasil penelusuran. Kalian akan menemukan pengaruh faktor kualitas deskripsi artikel yang baik dapat membantu meningkatkan kualitas dan jumlah kunjungan (traffic) penelusuran anda.
    32. Konten Bermanfaat
    Istilah konten adalah raja sudah lama dijumpai dalam belajar seo blogspot. Arti pentingnya konten adalah raja yaitu artikel dengan sejuta manfaat bagi pengunjung. Seberapa bermanfaat bagi pengguna juga menjadi faktor penentu peringkat situs. Memang hingga saat ini pengecekan tentang manfaat artikel belum dapat dilakukan dengan seo tools. Karena penilaian bersifat langsung oleh pengunjung jadi sebagai penilaian kasar yaitu dengan jumlah like, atau share dapat diketahui bahwa artikel tersebut bermanfaat bagi pengguna atau pengunjung blog.


    D. Link
    Faktor-faktor managemen link dapat berpengaruh besar terhadap perkembangan blog namun dapat menjadi boomerang bagi sebuah blog jika hanya membangun link secara asal-asalan. Untuk itu penggunaan link atau tautan dijelaskan oleh Moz tentang nilai kualitas link16 serta panduan google webmaster terkait membangun link9.

    33. Link Struktur atau Skema tautan
    Skema tautan menurut google adalah struktur atau bagan seperti dalam sebuah organisasi. Sebagai ketua adalah halaman utama sedangkan berberapa jabatan struktural seperti sekretaris bendahara dan sub bagian di bawahnya adalah produk-produk atau artikel-artikel. Skema tautan menjelaskan keterkaitan halaman dengan lainnya. Hati-hati menautkan halaman yang tidak relevan dengan sub judul. Pengaitan halaman yang tidak sesuai dengan deskripsi produk akan berakibat buruk bagi seo blog anda.
    34. Link Schema Mark Up (Schema.org)
    Serupa namun tak sama dengan struktur link di atas, schema mark up digunakan untuk cuplikan kaya atau rich snippet googleSchema.org adalah pengembang html selain mikroformat.org, RDF, atau untuk blogger versi 3 sudah digunakan dalam template baru seperti SOHO dan lain-lain adalah Json-LD. Penggunaan markup ini dapat membantu mesin pencari menilai blog layak masuk peringkat pertama.
    35. Link Anchor
    Biasa disebut link jangkar dengan fungsi untuk menujukan halaman utama dengan kata-kunci tertentu. Tujuannya adalah peringkat situs dengan kata kunci yang dipilih. Penggunaan link anchor biasanya untuh halaman penting yang selalu ditampilkan seperti pada halaman posting populer, featured post, halaman produk, dan halaman penting lainnya. Tetapi ingat! jangan sampai anda membuat link anchor di semua posting atau halaman artikel.
    36. Link Building
    Link building atau membuat link lebih diutamakan dalam SEO terutama untuk blogspot. Dari segi kemudahan serta pengaruhnya untuk menelusuri sebuah situs baik dari mesin pencari maupun pengunjung blog. Dengan link terstruktur dengan baik maka kualitas blog pada hasil pencarian akan menentukan urutan peringkat sebuah website atau blog.
    37. Link Internal
    Dikutip dari MOZ tentang internal link10 bahwa tautan internal adalah cara menautkan halaman ke halaman lain dalam satu nama domain yang sama. Internal link adalah teknik SEO dasar digunakan untuk membangun struktur website. Internal link akan dibaca oleh robot google atau googlebot untuk merayapi sebuah blog dengan cara membaca informasi internal link tersebut. Googlebot mulai membaca sebuah situs dari nama domain kemudian link-link di dalamnya seperti halaman statis, halaman label, halaman posting, halaman arsip yang berisi informasi serupa dengan halaman awal tersebut. Google dapat membaca nilai sebuah tautan internal yang berasal dari nama domain dan selanjutnya menilai halaman-halaman lain hingga artikel (domain tingkat akar). Teknik SEO on page inilah pembahasan utama saya tentang internal link di halaman beranda. Inti seo internal link berfungsi menghubungkan artikel atau halaman mana yang mempunyai kesamaan informasi dengan halaman terdekat dengan halaman (produk) unggulan selain beranda blog. Untuk memperjelas ulasan saya tentang faktor peringkat blog berdasar internal link dapat dilihat melalui bagan link internal seperti di bawah ini.
    teknik dasar SEO internal link

    38. Link External
    Strategi membangun link external dapat diartikan sebagai pengambilan kutipan, pandangan, pendapat, sebagai referensi paling aktual dan terpercaya serta dapat dibuktikan keabsahannya (dapat dipertanggungjawabkan).
    39. Link Paid
    40. Link Trust
    41. Link Relefant Theme
    42. Link Pagerank
    43. Link Keyword
    44. Link Style
    Tehnik seo sederhana namun tidak ada waktu kadaluwarsanya. Penggunaan internal dan external seharusnya dibedakan dengan gaya berbeda pula seperti penambahan icon external link. Cara ini terbukti ampuh menambah jumlah kunjungan on page halaman sehingga jumlah kunjungan meningkat. Dengan penambahan jumlah kunjungan secara alami tersebut secara teknis mampu meningkatkan peringkat situs. Dikarenakan jumlah kunjungan menjadi acuan mesin pencari menentukan rangking sebuah blog.
    Bagi teman-teman yang ingin membuat link internal dan external link terlihat seperti blog profesional bisa kunjungi artikel blog ini.
    45. Link Descriptif
    Sebagian besar seo tools dapat mengindikasi isi sebuah link atau tautan. Alat pengecekan SEO pada bagian link, jika tidak diisi tag judul akan membuat link terindikasi sebagai link unknown atau link tidak diketahui. Akan berdampak juga bila kita menanam tautan namun berbeda pembahasan dengan tujuan mencari backlink.
    Ini jelas buruk untuk kualitas blog dengan tujuan memperbaiki peringkat blog. Tanamlah secara manual semua link yang ada di dalam blog dengan judul deskriptif. Dikarenakan untuk blogspot belum ada fitur penambah tag judul seperti fitur pemasangan tag alt dan title pada gambar blogspot.
    46. Link Sosial Media
    Tahukah kamu bahwa situs penyedia sosial media terdapat 250 yang sudah diindeks google? Berikut ini daftar 250 situs media sosial11. Daftarkan blog anda untuk mendukung seo pada hasil peringkat blogspot.
    47. Link Webmaster
    48. Link Juice
    Yaitu istilah kalkulasi penggunaan link internal dan external dalam sebuah halaman. Link juice dalam strategi penggunaan serta tren mesin pencari masih tidak ada patokan resmi namun apabila dirasa aman penggunaannya dengan perbandingan jumlah link internal dan link external adalah sama.
    49. Link rel tag
    Tag rel diartikan sebagai fungsi relatif, yaitu mendefinisikan sebuah fungsi dalam link sebagai faktor yang digunakan untuk berbagai kondisi. Relatif tag tersebut dapat ditempatkan pada blogspot melalui :
    1. Meta tag
    2. Rel Canonical
    3. Rel Home
    4. Rel Revious atau pada navigasi posting terbaru
    5. Rel Next atau pada navigasi posting lama

    Lihat pemaikaian rel tag pada HTML blogspota.
    50. Link Canonical
    51. Link Do Follow
    52. Link No Follow
    Link no follow digunakan untuk mencegah robot pada mesin pencari untuk melakukan index. Dengan ditambahkannya link no follow dapat mencegah dampak negatif dari spam, link mati, dan berbagai dampak negatif link lain tersebut. Link no follow untuk blogspot dapat juga digunakan pada komentar untuk mengantisipasi spam komentar serta duplikat title pada komentar blogspote. Caranya yaitu dengan penggunaan rel tag blogspot dalam HTML link.
    53. Link Freshness
    54. Link Difercity
    Adalah tautan dengan keberagaman sumber link atau tautan tersebut. Berbagai variasi sumber link dapat diperoleh melalui website sosial media, website forum , website content media marketing, dan macam-macam jenis website lainnya. Link difercity dapat bertambah jumlahnya seiring dengan aktifitas situs seperti share, penautan langsung profil di media sosial, pembuatan halaman grup, profil webmaster tools, strategi bertukar link, pembuatan halaman daftar isi blog, maupun di beberapa website SEO Tool untuk blogspot.
    55. Link Sum
    Beberapa situs pengecekan seo blogspot seperti SEOcentro, menjelaskan beberapa situs mesin pencari mempunyai masalah bila mengakses sebuah halaman jika melebihi 100 tautan atau link. Jika didasarkan pada mesin pencari seperti google, yang sebenarnya menyukai halaman yang praktis, simpel dan terstruktur tentu 100 link adalah pedoman bagi webmaster agar membatasi jumlah tautan pada sebuah halaman.
    Link sum

    56. Link Age
    Umur link berpengaruh pada posisi urutan hasil pencari google masih simpang siur. Namun dari apa yang saya temui, terkadang nama domain lama dapat dengan mudah memasuki peringkat atas google penelusuran.
    57. Link Decay
    Link desay adalah faktor terpending dalam teknik dasar membangun link atau tautan. Sayangnya istilah ini mungkin terdengar baru oleh webmaster namun faktanya sudah ada sejak lama. Penjelasan link decay adalah link yang memudar, membusuk, berkurang atau hilang walaupun kedua aspek yaitu tautan antar dua domain masih ada.
    Agar mudah dipahami, link decay diartikan bahwa jumlah tautan yang Anda miliki berkurang seiring berjalannya waktu, atau kehilangan nilai. Link memburuk ini akan terjadi dengan adanya perubahan waktu, metode algoritma, domain expired, penghapusan tautan, bahkan yang lebih buruk adalah perubahan konten tentang sebuah link. Seperti itulah kasus di internet terdapat waktu kadaluwarsanya, jika webmaster membeli link dan tidak benar-benar berkualitas maka pengaruhnya buruk untuk blog dan peringkat situs.
    58. Link Table of Content (TOC)
    59. Link Broken
    60. Link Affiliate
    61. Link Guest Post


    E. Gambar
    Pengguna blogspot harus melakukan optimasi seo on page pada gambarb. Melalui artikel tersebut saya mengulas berbagai kekurangan blogspot kaitannya penggunaan gambar. Seperti bagian header, artikel populer, widget featured post, serta pendukung penggunaan gambar lainnya yang dapat mempengaruhi SEO blogspot.
    62. Atribut alt dan title
    63. HD Gambar
    64. Original Gambar
    65. Taging Gambar
    66. Relefancy Gambar
    67. Gambar dengan Text
    68. Gambar Schema
    69. Gambar Berhak Cipta
    70. CDN Gambar
    71. Lazy Load Gambar
    72. Jenis Gambar
    73. Ukuran Gambar


    F. Backlink
    Apa itu backlink? Backlink atau pranala balik12 menurut wikipedia yaitu link atau tautan yang masuk ke sebuah situs web atau halaman web. Dalam terminologi dasar link, backlink adalah link apapun yang diterima oleh sebuah node web (halaman web, direktori, situs web atau domain tingkat atas) dari node web lain. Beberapa pengaruh backlink dapat membantu kualitas blog seperti beberapa faktor berikut sesuai kategori backlink adalah :
    74. Backlink Quality
    75. Backlink Sosial Media
    76. Backlink Zombie


    G. USER Friendly
    77. User Friendly
    Faktor user friendly atau disebut sebagai faktor pengguna juga menentukan peringkat sebuah situs atau blog. Memang tidak ada panduan mendasar tentang pedoman user friendly tetapi beberapa hal berikut haruslah ada dalam sebuah blog yaitu bertujuan mempermudah pengunjung menejelajah isi blog. Untuk itu gunakan tools mengetahui kualitas user friendly blogspotd.
    78. User Interaksi
    79. User Kontribusi
    80. User Experience/Responsif Design
    81. User Level Reading
    82. User Navigation
    83. User Rate
    84. User Spam


    H. Error Page 404
    85. Invalid Style
    86. Error HTML
    Redirect url


    I. Google Ranking Faktor
    Google menggunakan lebih dari 200 faktor untuk mendefinisikan peringkat website dalam algoritmanya. Beberpara penyebab dari naik dan turunnya peringkat yaitu kebijakan dari google sendiri. Setelah melakukan penilaian dari waktu ke waktu peringkat sebuah situs mungkin bergeser setelah update hasil pencarian. Untuk itu kami menyajikan fakta 200 faktor rangking google13 telah dijelaskan oleh SEJ (Search Engine Journal) tentang faktor pengaruhnya.
    87. Google Activity
    Aktifitas
    Apa itu tayangan, posisi dan klik https://support.google.com/webmasters/answer/7042828?hl=id
    88. Google Update Algorithm
    Update terbaru Google Update Algoritm adalah Google Algoritm March 2019 Core Updateh.
    89. Google Geo Location
    90. Google Pinalty
    Kebijakan Pelanggar berulang yaitu pinalti selama 30 hari https://support.google.com/webmasters/answer/7104997?hl=id
    91. Google Over
    92. Google Speed Site
    93. Google Quality Content
    https://support.google.com/webmasters/topic/6001971?hl=id
    94. Google Pagerank
    https://en.wikipedia.org/wiki/PageRank
    95. Google Linking
    Seberapa banyak link mengarah ke google.
    96. Google Adsense
    Penggunaan google adsense merupakan bukti bahwa situs tersebut mematuhi pedoman kualitas webmaster dan program adsense. Faktor ini dapat juga menjadi alasan bahwa ikut serta penayang tersebut memiliki artikel yang bermanfaat dan mungkin saja berpengaruh pada posisi peringkat blog pada hasil pengindeksan google search.
    97. Google Meta Tag
    Meta tag yang dipahami oleh Google https://support.google.com/webmasters/answer/79812?hl=id
    98. Google Bahasa
    https://support.google.com/webmasters/answer/182192?hl=id
    https://support.google.com/webmasters/answer/189077
    99. Google Crawl
    https://support.google.com/webmasters/answer/6144055?hl=id
    https://www.google.com/webmasters/tools/googlebot-report
    100. Google Sitemap
    Membuat dan mengirimkan peta situs seperti pada artikel kami blogger sitemap Google Webmaster toolsg. https://support.google.com/webmasters/answer/183668?hl=id
    101. Google Simple URL
    Menjaga kesederhanaan struktur url https://support.google.com/webmasters/answer/76329?hl=id
    102. Google Multimedia (Video)
    Praktik terbaik video https://support.google.com/webmasters/answer/156442?hl=id
    103. Google Hack
    https://support.google.com/webmasters/answer/2721435
    104. Google Rich Snippet
    Hasil penelusuran yang diperkaya https://support.google.com/webmasters/answer/7407437?hl=id
    105. Google Tag Child Save
    106. Google Lens


    Mesin pencari dan SEOc terus berubah-ubah, berkembang dan update, tetap ikuti tren terbaru agar blog tetap mengikuti pedoman kualitas webmaster dari segi seo on page, seo off page serta dari isi artikelnya. Tetap terus belajar seo blogspot walau peluang kemunculan pada mesin pencari makin sulit. Arti kata sulit diartikan bahwa kita harus tetap patuh pada kebijakan mesin pencari tersebut. Gunakan tools google rank website14 untuk mengetahui ranking blog kamu.

    Dari penjelasan google mengenai 200 faktor peringkat sebuah situs mengenai tampilnya pada hasil pencarian google tidak ada yang bisa menjamin. Dari banyaknya artikel mengenai 200 faktor peringkat tersebut hanya google sendiri dalam menilai kelayakan sebuah situs. untuk itu tetap ikuti Panduan Memulai Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO)15 agar blog kita tetap mendominasi peringkat pencarian google tersebut.

    Daftar Link referensi :
    1. https://support.google.com/webmasters/answer/70897?hl=id
    2. https://backlinko.com/google-ranking-factors
    3. https://support.google.com/webmasters/answer/35624?hl=id
    4. https://elite-strategies.com/learn-seo/on-page-seo/domain-names/
    5. https://crnch.com/domain-whois-seo
    6. https://unamo.com/blog/seo/30-important-google-ranking-factors-beginner-know
    7. https://support.google.com/webmasters/answer/35769
    8. https://support.google.com/google-ads/answer/14089?hl=id
    9. https://moz.com/learn/seo/how-search-engines-value-links-video
    10. https://moz.com/learn/seo/internal-link
    11. https://socialmedialist.org/daftar-media-sosial.html
    12. https://id.wikipedia.org/wiki/Pranala_balik
    13. https://www.searchenginejournal.com/google-200-ranking-factors-facts/265085/
    14. https://www.thehoth.com/search-engine-rankings/
    15. https://support.google.com/webmasters/answer/7451184

    Daftar Link Internal :
    a. https://sejutatrik.blogspot.com/2018/12/teknik-seo-on-page-rel-tag.html
    b. https://sejutatrik.blogspot.com/2018/11/optimasi-seo-gambar-blogspot.html
    c. https://sejutatrik.blogspot.com/2011/09/seo-ala-sejuta-trik-blogger.html
    d. https://sejutatrik.blogspot.com/2012/09/mengetahui-kualitas-user-friendly.html
    e. https://sejutatrik.blogspot.com/2018/12/mengatasi-duplikat-title-komentar.html
    f. http://sejutatrik.blogspot.com/2019/03/domain-authority-backlink-gratis.html
    g. https://sejutatrik.blogspot.com/2018/09/blogger-sitemap-google-webmaster-tools.html
    h. https://sejutatrik.blogspot.com/2019/03/core-update-google-algoritm-march-2019.html
    Textual description of firstImageUrl

    Teknik SEO On Page Tag Rel HTML Blogspot

    Teknik SEO Rel Tag

    Melengkapi kode tag rel merupakan teknik seo on page blogspot pada HTML halaman. Setiap link sebaiknya memiliki tag rel sesuai kategorinya untuk meningkatkan performa SEO blogger di setiap halaman. Perlu saya tekankan bahwa menambah rel tag blog sangat penting dan secara signifikan mempengaruhi kualitas SEO blogspot. Pergunakan teknik ini untuk optimasi seo pada halaman anda terutama untuk tambahan informasi sebuah tautan.

    Penulisan tag rel yaitu dengan menambah kode rel='value' di setiap HTML link. Istilah Rel Tag berasal dari bahasa inggris relationship. Fungsinya adalah untuk menghubungkan, atau mengkaitkan dokumen (tautan). Teknik seo on page ini dilakukan pada template blogspot terutama pada header.

    1. Meta Tag Rel HTML
    Dari berbagai sumber, terdapat 7 rel tag value (nilai) yang sering digunakan di dalam meta tag blogger. Lihatlah penggunaan rel tag di template blog kamu apakah sudah terpasang ataukah belum. Untuk itu, saya merekomendasikan tips cara penambahan rel tag ke dalam template anda. Perlu diingat bahwa kode html ini hanya berjalan pada header dan berikut daftarnya :
    a. Canonical Tag Rel HTML
    Teknik ini digunakan untuk menentukan halaman kanonis untuk halaman serupa atau duplikat dengan fungsi ganda. Tag ini digunakan dalam meta tag seperti berikut
    <link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/>. Lihat panduan rel canonical google.
    b. Open Id Server Tag Rel HTML
    Meskipun Open id sudah menghentikan layanan sejak beberapa waktu yang lalu, namun servernya masih dapat bekerja dalam memberikan layanan data. Tag rel open id masih dipasang sebagai pembantu informasi untuk memperkuat verifikasi blog yaitu dengan menambahkan tag berikut
    <link href='https://www.blogger.com/openid-server.g' rel='openid.server'/>
    <link expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='openid.delegate'/>
    c. Icon Tag Rel HTML
    Apabila blog anda menggunakan favicon, berikut tag rel yang digunakan :
    <link href='/favicon.ico' rel='icon' type='image/x-icon'/>
    d. Image Search Tag Rel HTML
    Sebuah tag berfungsi untuk meningkatkan blog dalam pencarian gambar.
    <link expr:href='data:blog.postImageThumbnailUrl' rel='image_src'/>
    e. Publisher Tag Rel HTML
    Tag ini berfungsi sebagai penjelas pemilik blog biasanya berisi link sosial media. Penggunaan tag publisher seperti google+ atau media sosial lainnya seperti berikut :
    <link href='https://plus.google.com/XXXXX/posts' rel='publisher'/>
    <link href='https://plus.google.com/XXXXX/about' rel='author'/>
    <link href='https://plus.google.com/XXXXX' rel='me'/>
    f. DNS Prefetch Tag Rel HTML
    <link href='//adservice.google.ca' rel='dns-prefetch'/><link href='//googleads.g.doubleclick.net' rel='dns-prefetch'/><link href='//adservice.google.com' rel='dns-prefetch'/><link href='//www.googletagservices.com' rel='dns-prefetch'/><link href='//pagead2.googlesyndication.com' rel='dns-prefetch'/><link href='//maxcdn.bootstrapcdn.com' rel='dns-prefetch'/><link href='//resources.blogblog.com' rel='dns-prefetch'/><link href='//fonts.googleapis.com' rel='dns-prefetch'/><link href='//disqus.com' rel='dns-prefetch'/><link href='//github.com' rel='dns-prefetch'/><link href='//cdn.rawgit.com' rel='dns-prefetch'/><link href='//1.bp.blogspot.com' rel='dns-prefetch'/><link href='//2.bp.blogspot.com' rel='dns-prefetch'/><link href='//3.bp.blogspot.com' rel='dns-prefetch'/><link href='//4.bp.blogspot.com' rel='dns-prefetch'/><link href='//www.blogger.com' rel='dns-prefetch'/><link href='//www.facebook.com' rel='dns-prefetch'/><link href='//plus.google.com' rel='dns-prefetch'/><link href='//twitter.com' rel='dns-prefetch'/><link href='//www.youtube.com' rel='dns-prefetch'/><link href='//feedburner.google.com' rel='dns-prefetch'/><link href='//feeds.feedburner.com' rel='dns-prefetch'/><link href='//platform.twitter.com' rel='dns-prefetch'/><link href='//apis.google.com' rel='dns-prefetch'/><link href='//connect.facebook.net' rel='dns-prefetch'/><link href='//www.google-analytics.com' rel='dns-prefetch'/><link href='//www.gstatic.com' rel='dns-prefetch'/><link href='//static.xx.fbcdn.net' rel='dns-prefetch'/><link href='//tpc.googlesyndication.com' rel='dns-prefetch'/><link href='//syndication.twitter.com' rel='dns-prefetch'/><link href='//fonts.gstatic.com' rel='dns-prefetch'/><link href='https://3p.ampproject.net' rel='dns-prefetch'/><link href='https://lh3.googleusercontent.com' rel='dns-prefetch'/><link href='https://tpc.googlesyndication.com' rel='dns-prefetch'/><link href='https://i.ytimg.com' rel='dns-prefetch'/><link href='https://i3.ytimg.com' rel='dns-prefetch'/><link href='https://img.youtube.com' rel='dns-prefetch'/><link href='https://www.googletagmanager.com' rel='dns-prefetch'/><link href='https://adservice.google.co.id/' rel='dns-prefetch'/><link href='//cdnjs.cloudflare.com/' rel='dns-prefetch'/><link href='//resources.blogblog.com/' rel='dns-prefetch'/>
    g. Sitemap Tag Rel HTML
    Digunakan untuk menekankan halaman sitemap blogspot. Kode berikut akan mempermudah robot menjelajahi url sitemap blog kita. Berikut pemasangannya di blogspot
    <meta expr:content='data:blog.homepageUrl + &quot;sitemap.xml&quot;' rel='sitemap' type='application/xml'/>
    2. Link Stylesheet Tag Rel HTML
    Tambahkan tag css apabila di dalam template menggunakan url CSS yang berasal dari luar atau external CSS. Gunakan tag berikut : <link href='https://fonts.googleapis.com/css?family=Lato' rel='stylesheet' type='text/css'/>
    3. Alternate Tag Rel HTML
    Tag rel bersumber pada feed blog anda dapat berupa atom, rss dan xml alternatif lainnya sebagai sumber artikel blog.
    <link expr:href='data:blog.homepageUrl + &quot;feeds/posts/default&quot;' expr:title='data:blog.title + &quot; - Atom&quot;' rel='alternate' type='application/atom+xml'/>
    <link expr:href='data:blog.homepageUrl + &quot;feeds/posts/default?alt=rss&quot;' expr:title='data:blog.title + &quot; - RSS&quot;' rel='alternate' type='application/rss+xml'/>
    <link expr:href='&quot;https://www.blogger.com/feeds/&quot; + data:blog.blogId + &quot;/posts/default&quot;' expr:title='data:blog.title + &quot; - Atom&quot;' rel='alternate' type='application/atom+xml'/>

    4. Author Tag Rel HTML
    Berbeda dengan rel publihser, rel author digunakan sebagai tag pemilik blog atau webmaster.
    <div class='post-footer'>
    <!-- post-author -->
    <div class='post-footer-line post-footer-line-1'>
    <span class='post-author vcard'>
    <a expr:href='data:post.authorProfileUrl' rel='author' title='author profile'>

    5. Bookmark Tag Rel HTML
    Tag bookmark ditempatkan pada waktu publikasi artikel blog. Biasanya ditempatkan di bawah judul seperti keterangan posting di bawah judul.
    <a class='timestamp-link' expr:href='data:post.url' rel='bookmark' title='permanent link'> <abbr class='published' expr:title='data:post.timestampISO8601' itemprop='datePublished'><data:post.timestamp/></abbr></a>
    6. External Tag Rel HTML
    Tag ini berfungsi sebagai solusi teknik SEO untuk external link. Menurut para pakar SEO penggunaan target='_blank' buruk untuk SEO, maka tag ini dapat digunakan. Penulisannya adalah sebagai berikut :
    <a href="http://example.com" rel="external">External link</a>
    7. Help Tag Rel HTML
    <a href="http://www.example.com" rel="help">HTML codes help</a>
    8. Licence Tag Rel HTML
    <a href="http://www.example.com" rel="licence">HTML codes copyright</a>
    9. Nofollow Tag Rel HTML
    Digunakan agar robots tidak melakukan crawling pada link tertentu, seperti link komentator, link search label, dan halaman lain sesuai selera pemilik blog. Teknik SEO ini juga digunakan untuk mengatasi duplikat title komentar blogspot. Lihat cara menggunakan rel nofollow google.
    10. Noreferer Tag Rel HTML
    Tag noreferer jarang sekali digunakan pada template blogspot. Fungsinya yaitu sebagai pengarah seperti mengirim informasi tentang asal kunjungan seperti negara. Anda bisa melihatnya pada laporan webmaster tools untuk penggunaannya sama dengan rel nofollow.
    11. Noopener Tag Rel HTML
    Rel tag noopener digunakan untuk link yang dibuka pada jendela halaman baru seperti penggunaan target='_blank' lihat penjelasan penggunaan rel tag noopener
    12. Next Tag Rel HTML
    Digunakan untuk konten atau halaman yang dipaginasi seperti penjelasan rel tag next. Teman-teman bisa menambahkan pada html blog pager pada template blogspot. Berfungsi sebagai navigasi situs di bawah artikel blog untuk posting sebelumnya.
    13. Prev Tag Rel HTML
    Berfungsi seperti tag rel next, untuk posting lebih baru.
    14. Home Tag Rel HTML
    Menambah rel tag home pada semua link beranda dapat memperkuat halaman beranda.
    15. Search Tag Rel HTML
    Silahkan coba sendiri pada widget search blog anda.
    16. Tagging Tag Rel HTML
    Bagi anda yang menggunakan widget label, terdapat html label seperti berikut :
    <b:if cond='data:post.labels'>Posted in <b:loop values='data:post.labels' var='label'><a expr:href='data:label.url' rel='tag'><data:label.name/></a><b:if cond='data:label.isLast != &quot;true&quot;'>, </b:if></b:loop></b:if>
    17. Vocabulary Tag Rel HTML
    Digunakan untuk navigasi breadcrumb google dengan menggunakan mark up data RDF. Panduan lengkap lihat → cara membuat breadcrumb google.
    <div class='breadcrumbs' xmlns:v='http://rdf.data-vocabulary.org/#'>
    <span typeof='v:Breadcrumb'><a expr:href='data:blog.homepageUrl' property='v:title' rel='v:url' title='HOME TITLE'>Home</a>

    18. AMP Tag Rel HTML
    <link rel="amphtml" href="https://www.example.com/url/to/amp/document.html">
    Referensi
    https://www.apacara.com/tutorial/html/html-link-tag.html
    https://www.bungfrangki.com/2016/12/meta-tag-seo-friendly-dan-valid-html5.html
    https://www.w3schools.com/tags/att_a_rel.asp
    https://labstrikes.blogspot.com/2013/03/add-nofollow-tag-to-all-blogger-label-links.html
    https://www.ampproject.org/docs/fundamentals/discovery
    https://www.copterlabs.com/easily-create-external-links-without-the-target-attribute/
    https://support.google.com/webmasters/answer/189077?hl=id
    https://gist.github.com/lancejpollard/1978404